Ramadhan, Rahmat Sandri (2024) Pengembangan Smart Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
bab V.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
full tesis rahmat sandri ramadhan mtp.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ramadhan, Rahmat Sandri, 2023. “Pengembangan smart book interaktif berbasis pembelajaran kontekstual mata pelajaran Pendidikan Pancasila Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis siswa SMP” Tesis, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Sarjana. Universitas Jambi. Pembimbing (1) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd. M.EIL., Ph.D. (2) Dr. Dra. Zurweni, M.Si Kata kunci: Lee dan Owens, Smart Book Interaktif, Flipbook, Pendidikan Pancasila, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan smart book berbasis pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis SMP dengan menggunakan model pengembangan Lee dan Owens. Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun, pembelajaran kontekstual masih sering dianggap sulit untuk diterapkan di kelas. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tantangan di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan yang melibatkan beberapa tahapan, yaitu analisis, perancangan konten dan fitur, pengembangan, implementasi di lingkungan pembelajaran, dan evaluasi efektivitasnya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kebutuhan mereka dalam memahami materi tersebut. Selanjutnya, smart book interaktif dikembangkan menggunakan aplikasi flipbook yang menawarkan fitur interaktif seperti video, gambar, dan latihan soal. Smart book tersebut kemudian diimplementasikan di lingkungan pembelajaran di SMP. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah suatu sumber belajar atau smart book interaktif yang dapat diterapkan dalam lingkungan pembelajaran pendidikan pancasila pada kelas VII di SMP sehingga bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya untuk mengatasi tantangan dalam mengajarkan nilai-nilai karakter pada Pendidikan Pancasila kepada siswa. Selain itu, penelitian ini juga berpotensi memberikan kontribusi kepada para pendidik dan peneliti dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik serta interaktif. ABSTRACT Ramadhan, Rahmat Sandri, 2023. “Development Smart book interactive based on contextual learning in Pancasila Education subjects for junior high school students' critical thinking skills" Thesis, Master of Educational Technology Study Program, Undergraduate Faculty. Jambi University. Supervisor (1) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd. M. EIL., Ph.D. (2) Dr. Dra. Zurweni, M.Sc Keywords: Lee and Owens, Interactive Smart Book, Flipbook, Pancasila Education, Critical Thinking Ability. This research aims to develop smart book based on contextual learning, namely learning that links learning material with real life contexts in the Pancasila Education subject for junior high school critical thinking skills using the Lee and Owens development model. Contextual learning is a learning approach that can improve students' critical thinking abilities. However, contextual learning is still often considered difficult to implement in the classroom. Critical thinking ability is one of the important skills that students have in facing challenges in the era of globalization. This research uses a development research approach which involves several stages, namely analysis, content and feature design, development, implementation in the learning environment, and evaluation of its effectiveness. Research data was collected through observation, interviews and questionnaires to obtain information about learning Pancasila Education and their needs in understanding the material. Furthermore,smart book interactive developed using applications flipbook which offers interactive features such as videos, images, and practice questions.Smart book This is then implemented in the learning environment in junior high schools. The expected result of this research is an interactive learning resources or smart book that can be applied in the Pancasila education learning environment in class VII in junior high school so that it can improve students' critical thinking skills, especially to overcome challenges in teaching character values in Pancasila Education to students. Apart from that, this research also has the potential to contribute to educators and researchers in developing more effective, interesting and interactive learning methods.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lee dan Owens, Smart Book Interaktif, Flipbook, Pendidikan Pancasila, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | RAHMAT SANDRI RAMADHAN |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:43 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |