Pengembangan e-Modul Berbasis PjBL-STEM Berbantuan Film Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMA pada Materi Aplikasi Matriks dalam Kriptografi

DWI, FRISKY RAPIKA (2024) Pengembangan e-Modul Berbasis PjBL-STEM Berbantuan Film Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMA pada Materi Aplikasi Matriks dalam Kriptografi. S1 thesis, PENDIDIKAN MATEMATI.

[img] Text
Cover pages 1 s.d 2.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan - Lembar Pengesahan.pdf

Download (585kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
SKRIPSI Frisky Rapika Dwi (Full).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan belajar. Namun, minat belajar matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar adalah melalui pemilihan bahan ajar dengan model pembelajaran yang tepat, yaitu bahan ajar berupa e-modul matematika.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas e-modul berbasis PjBL-STEM dengan bantuan film animasi dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa, yang ditinjau dari kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahap yaitu analyze, design, develop, implement, evaluate. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan desain, guru pada uji coba perorangan dan siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Barat. Selanjutnya,Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket validasi materi dan desain, angket praktikalitas, angket efektifitas dan angket minat belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) persentase kevalidan e-modul dari ahli materi 95% dan ahli desain 92% pada kategori “sangat valid”, (b) persentase kepraktisan e-modul oleh guru 96,92% dan oleh siswa 95,56% pada kategori “sangat praktis”, (c) persentase keefektifan e-modul dari angket respon siswa89,25% pada kategori “sangat efektif” dan hasil angket minat belajar matematika sesudah mengalami pembelajaran menggunakan e-modul sebesar 80,35% pada kategori “tinggi”, serta hasil penilaian observasi minat belajar matematika siswa pada proses pembelajaran sebesar 94,7% pada kategori “tinggi”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PjBL-STEM berbantuan film animasi yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan pada proses pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Dwi
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:37
Last Modified: 29 Apr 2024 04:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63148

Actions (login required)

View Item View Item