PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI GEJALA KEMAGNETAN DAN GAYA DI KELAS IV SD

Murba, Amelia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI GEJALA KEMAGNETAN DAN GAYA DI KELAS IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI GEJALA KEMAGNETAN DAN GAYA DI KELAS IV SD)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI GEJALA KEMAGNETAN DAN GAYA DI KELAS IV SD.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, validitas, dan kepraktisan multimedia pembelajaran berbasis software pada materi gejala kemagnetan dan gaya di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 14/I Sungai Baung pada tanggal 21 Maret sampai 23 Maret 2024 dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV B SD Negeri 14/I Sungai Baung. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: hasil wawancara kebutuhan terkait pengembangan produk didapatkan dari wawancara kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik kelas IV. Validitas produk didapatkan dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa. Kepraktisan produk didapatkan dari angket respon guru serta peserta didik uji kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran telah melewati prosedur pengembangan model ADDIE dan menunjukkan tingkat validitas produk dari validator media memperoleh rata-rata nilai 5 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 100 %, validator materi memperoleh rata-rata nilai 4,8 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 96%, dan validator bahasa memperoleh nilai rata-rata 5 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 100 %. Adapun kepraktisan produk yang diperoleh dari peserta didik memperoleh rata-rata nilai 4,90 termasuk kategori “sangat praktis” dengan persentase 98,09 %, dan respon guru memperoleh rata-rata nilai 4,91 dengan kategori “sangat praktis” dengan persentase 98 %. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis software pada materi gejala kemagnetan dan gaya di kelas IV SD telah melalui tahapan prosedur pengembangan model ADDIE dan dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Software, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Murba
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:04
Last Modified: 30 Apr 2024 04:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63178

Actions (login required)

View Item View Item