Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Maila, Mariam (2024) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN MARIAM MAILA.pdf

Download (71kB)
[img] Text
SKRIPSI MARIAM MAILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi serta faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, wakil bidang kesiswaan, dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan kepala sekolah yang mana terdapat 5 kebijakan yang dibuat kepala sekolah untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka yaitu 1). mendatangkan kerjasama mitra proyek, 2). Memfokuskan anggaran pada proyek, 3). Memfasilitasi sekolah dalam mendukung program intrakurikuler dan P5, 4). Mengkoordinasikan beberapa tugas ke wakil dan koordinator proyek, 5). Mengevaluasi seluruh kinerja mengenai kurikulum merdeka sudah dilaksanakan dengan baik namun masih ditemukan hambatan yang cukup berarti dalam implementasi kurikulum merdeka khususnya pada jenis implementasi mandiri berubah. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu berupa faktor pendukung yaitu komunikasi yang baik sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah 1) Adanya pemahaman guru yang berbeda antara guru penggerak dan guru non penggerak; 2) terbatasnya sarana prasarana. his research aims to describe the principal's leadership in implementing the independent curriculum at SMA Negeri 11 Muaro Jambi as well as the supporting and inhibiting factors for the principal's leadership in implementing the independent curriculum at SMA Negeri 11 Muaro Jambi. This research is descriptive research using a qualitative approach with a case study type of research. The informants in this research consisted of the school principal, curriculum representative, student affairs representative, and teachers. Data collection techniques are observation, interviews and document study. Data presentation analysis techniques start from data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Meanwhile, testing the validity of the data uses the data triangulation method. The results of this research show that (1) The principal's leadership, where there are 5 policies made by the principal to support the implementation of the independent curriculum, namely 1). bring in cooperation from project partners, 2). Focusing the budget on the project, 3). Facilitate schools in supporting intracurricular and P5 programs, 4). Coordinate several tasks to representatives and project coordinators, 5). Evaluating all performance regarding the independent curriculum has been implemented well, but significant obstacles are still found in the implementation of the independent curriculum, especially in the type of independent implementation that has changed. (2) Supporting and inhibiting factors are in the form of supporting factors, namely good communication, while the inhibiting factors are 1) There is a different understanding of teachers between driving teachers and non-moving teachers; 2) limited infrastructure.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Leadership, Independen Curriculum, independently change
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: MAILA
Date Deposited: 03 May 2024 06:41
Last Modified: 10 Jul 2024 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63247

Actions (login required)

View Item View Item