IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR

Nanda, Violyta Putri (2024) IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR)
BAB I .pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (15kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR)
COVER.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI NUMERASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nanda, Violyta Putri. 2024. Implementasi Numerasi Pada Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Ahmad Hariandi,S. Pd. I. ,M. Ag (II) Muhammad Sholeh, S. Pd. ,M. Pd. Kata Kunci : Implementasi, numerasi, sekolah penggerak, sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi numerasi numerasi pada sekolah penggerak di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 198/I Pasar Baru pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh melalui observasi (sebagai data utama), wawancara dan studi dokumen (sebagai data penunjang). Subjek penelitian pada pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Uji validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegitan numerasi telah diimplementasikan di Sekolah Dasar Negri 198/I Pasar Baru. Ringkasan dari pernyataan di atas adalah sebagai berikut: Penelitian ini mengungkapkan strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan numerasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 198/I Pasar Baru. Strategi ini penting untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, mengikuti instruksi guru, dan aktif dalam pengembangan keterampilan numerasi. Pembelajaran numerasi melibatkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Strategi persiapan termasuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung, sementara pelaksanaan melibatkan berbagai kegiatan yang dirancang untuk membiasakan, mengembangkan, dan mengajarkan numerasi. Evaluasi dilakukan terhadap persiapan, pelaksanaan, dan kemampuan numerasi siswa. Hasil temuan penelitian ini konsisten dengan literatur yang menekankan pentingnya strategi dalam mencapai tujuan pembelajaran numerasi. Berdasarkan temuan penelitian, diharapkan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan dapat terus dipertahankan oleh seluruh warga sekolah. Harapannya, hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi penelitian di masa depan. ABSTRACT Nanda, Violyta Putri. 2024. Implementation of Numeracy in Driving Schools in Elementary Schools: Thesis, Department of Early Childhood and Elementary Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Supervisor: (I) Dr. Ahmad Hariandi, S. Pd. I. ,M. Ag (II) Muhammad Sholeh, S. Pd. ,M. Pd. Keywords: Implementation, numeracy, driving school, elementary school. This research aims to describe the implementation of numeracy in elementary schools. This research was carried out at State Elementary School 198/I Pasar Baru in the odd semester of the 2023/2024 academic year. Research data was obtained through observation (as main data), interviews and document study (as supporting data). The research subjects in this study were school principals, teachers and students. Test the validity of the data using triangulation. The results of this research show that numeracy activities have been implemented at the Negri 198/I Pasar Baru Elementary School. A summary of the statement above is as follows: This research reveals the strategies used by teachers in improving numeracy skills in class V of State Elementary School 198/I Pasar Baru. This strategy is important to help students understand the material better, follow teacher instructions, and be active in developing numeracy skills. Numeracy learning involves preparation, implementation and evaluation. Preparation strategies include providing supporting facilities and infrastructure, while implementation involves various activities designed to familiarize, develop and teach numeracy. Evaluation is carried out on students' preparation, implementation and numeracy abilities. The findings of this study are consistent with the literature which emphasizes the importance of strategy in achieving numeracy learning goals. Based on research findings, it is hoped that the activities that have been implemented can continue to be maintained by all school members. It is hoped that the results of this research can provide a meaningful contribution to future research.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, numerasi, sekolah penggerak, sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NANDA
Date Deposited: 14 May 2024 03:11
Last Modified: 14 May 2024 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63495

Actions (login required)

View Item View Item