Putri Raudathul, Renia (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI TIK-TOK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI 7 SMA NEGERI 9 TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN RENIA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RENIA RAUDATHUL PUTRI A1A220056.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Putri, Renia Raudathul. 2024. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah Siswa Kelas XI 7 SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Barat: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si., (II) Junita Yosephine Sinurat, M.Pd., Kata kunci: kreativitas, media pembelajaran, aplikasi tiktok Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok pada mata pelajaran sejarah. Kreativitas belajar siswa perlu ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian sebagai berikut; “Apakah penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI 7 SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Barat”? Metode dan teknik penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI 7 SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Barat yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Variabel yang diteliti meliputi peningkatan kreativitas belajar yang berhasil dicapai siswa setelah dilaksanakan pembelajaran selama tiga siklus, dimana dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitif dan data kualitatif. Teknik analisi data pada data kuantitatif yaitu dengan menghitung rata-rata persentase tingkat kreativitas belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data pada data kualitatif yaitu deskripsi kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hanya memperoleh persentase keberhasilan sebesar 58,2%, pada siklus II memperoleh persentase keberhasilan sebesar 68,4% yang berarti masuk dalam kategori (cukup). Pada siklus III peningkatan kreativitas meningkat dengan persentase keberhasilan sebesar 76,1%. Hal tersebut melebihi kriteria yang ditetapkan yaitu 70%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok dapat meningkatkan kreativitas belajar sejarah siswa di SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Barat
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kreativitas, media pembelajaran, aplikasi tiktok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 17 May 2024 01:51 |
Last Modified: | 17 May 2024 01:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |