Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Fase Menulis Teks Cerita Fantasi di Kelas VII SMPN 27 Muaro Jambi

Saputri, Fransiska Meri Indah (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Fase Menulis Teks Cerita Fantasi di Kelas VII SMPN 27 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FRANSISKA ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
FRANSISKA BAB 1 BARUUUUU.pdf

Download (180kB)
[img] Text
FRANSISKA BAB V BARU.pdf

Download (69kB)
[img] Text
COVER BARU FRANSISKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
FRANSISKA DAFTAR RUJUKAN BARU.pdf

Download (75kB)
[img] Text
FRANSISKA SKRIPSI BARU PINK-dikompresi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENGESAHAN FRANSISKA PINK.pdf

Download (358kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Saputri, Fransiska Meri Indah. 2024. Pembelajaran Berdiferensiasi Fase Menulis Teks Cerita Fantasi di Kelas VII SMPN 27 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rustam, S. Pd., M. Hum. (II) Dr. Priyanto, S. Pd., M. Pd., C. Ed. Kata Kunci: menulis, pembelajaran berdiferensiasi, teks cerita fantasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan implementasi pembelajaran berdiferensiasi fase menulis teks cerita fantasi; mendeskripsikan evaluasi implementasi pembelajaran berdiferensiasi fase menulis teks cerita fantasi; serta mendeskripsikan kendala dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi fase menulis teks cerita fantasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 27 Muaro Jambi. Data berupa hasil pengamatan dan wawancara kepada guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII. Sampel dipilih menggunakan teknik sampling purposeful. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data dengan Data Collection, Data Condensation, Data Display, dan Conclusion drawing/verification. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dilakukan dengan memetakan kebutuhan siswa, yakni perbedaan dalam cara belajar, kebutuhan sumber belajar, suasana belajar, dan bantuan belajar untuk selanjutnya disesuaikan dengan modul ajar dan diferensiasi; 2) Pelaksanaan implementasi diferensiasi terbagi menjadi tiga kegiatan, yakni diferensiasi konten, proses, dan produk; 3) Evaluasi yang dilakukan guru meliputi penilaian Assessment for Learning, Asessment as Learning, dan Assessment of Learning; serta 4) Kendala implementasi adalah jumlah siswa yang terlalu banyak serta keterbatasan waktu, sumber daya dana dan bahan ajar sehingga upaya yang dilakukan adalah melakukan kolaborasi bersama guru lain dan mencari sumber daya pendukung dengan memanfaatkan benda/objek di lingkungan sekitar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi fase menulis teks cerita fantasi di kelas VII SMPN 27 Muaro Jambi diawali dengan memetakan kebutuhan siswa; melakukan diferensiasi konten, proses dan produk; dilanjutkan evaluasi penilaian dimana kendala keterbatasan sumber daya dapat diatasi dengan melakukan kolaborasi bersama guru lain dan mencari sumber daya pendukung lainnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: writing, differentiated learning, fantasy story texts
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SAPUTRI
Date Deposited: 17 May 2024 02:37
Last Modified: 17 May 2024 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63817

Actions (login required)

View Item View Item