Analisis Kemampuan Metakognitif dalam Pemecahan Masalah Matematis Materi Persamaan Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Honey Mumford pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 11 Kota Jambi

Yuliza, Viona (2024) Analisis Kemampuan Metakognitif dalam Pemecahan Masalah Matematis Materi Persamaan Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Honey Mumford pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
A1C220051_Viona Yuliza_Skripsi Analisis.pdf

Download (2MB)
[img] Text
A1C220051_Viona Yuliza_Cover Skripsi Analisis.pdf

Download (851kB)
[img] Text
A1C220051_Viona Yuliza_Halaman Persetujuan dan Pengesahan Skripsi Analisis.pdf

Download (651kB)
[img] Text
A1C220051_Viona Yuliza_Abstrak Skripsi Analisis.pdf

Download (817kB)
[img] Text
A1C220051_Viona Yuliza_BAB 1 Skripsi Analisis.pdf

Download (489kB)
[img] Text
A1C220051_Viona Yuliza_BAB 5 Skripsi Analisis.pdf

Download (325kB)
[img] Text
A1C220051_Viona Yuliza_Daftar Pustaka Skripsi Analisis.pdf

Download (311kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang mengharuskan peserta didik untuk memiliki keterampilan memecahkan masalah, menalar, serta berfikir tingkat tinggi terlebih pada abad 21. Berfikir tingkat tinggi sangat erat kaitannya dengan kemampuan metakognitif yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan metakognitif ini dapat dilihat berdasarkan bagaimana peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan terkait pemikiran yang tengah difikirkannya. Kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah dapat ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Salah satunya adalah gaya belajar honey mumford yang terdiri dari empat yakni aktivis, reflector, ahli teori, dan pragmatis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah matematis materi persamaan lingkaran ditinjau dari gaya belajar honey mumford pada peserta didik kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi di kelas F2 pada tanggal 15 Januari 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 8 peserta didik kelas F2 SMAN 11 Kota Jambi yang terdiri dari 2 orang dengan gaya belajar aktivis, 2 orang dengan gaya belajar reflector, 2 orang dengan gaya belajar ahli teori, dan 2 orang dengan gaya belajar pragmatis. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya keberagaman kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh kedelapan subjek dengan gaya belajar honey mumford. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedelapan subjek mampu untuk menemukan informasi berupa pernyataan diketahui dan ditanyakan yang terdapat pada persoalan yang diberikan. Kedelapan subjek juga mampu untuk menyusun serta melaksanakan rencana penyelesaian mulai dari menentukan pusat dan jari-jari, menentukan gradien, menentukan persamaan garis singgung, hingga membuat kesimpulan. Namun kedelapan subjek tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil yang diperoleh, dan tidak semua subjek mampu dalam melakukan perbaikan kembali terhadap kesalahan yang dilakukan. Oleh karena itu, subjek SR1 dikatakan memiliki kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah matematis pada level Strategic use, sedangkan subjek SA1, SA2, SR2, ST1, ST2, SP1, dan SP2 dikatakan memiliki kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah matematis pada level Reflective use. Kata Kunci: Honey-Mumford, Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: YULIZA
Date Deposited: 20 May 2024 03:21
Last Modified: 20 May 2024 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63901

Actions (login required)

View Item View Item