Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 216/IV Kota Jambi

Pranilsa, Fenia (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 216/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (709kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pranilsa, Fenia. (2024). “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 216/IV Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Akhmad Habibi, Ph.D (II) Akhmad Faisal Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 216/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SDN 216/IV Kota Jambi, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Hal ini karena peserta didik mengalami peningkatan keaktifan belajar dengan memperhatikan tiap indikator keaktifan belajar yang dapat terlihat pada setiap siklus. Hasil yang diperoleh keaktifan belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu sebesar 41% dengan kategori kurang aktif dan pertemuan II yaitu sebesar 57% dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 63% dengan kategori cukup aktif dan pertemuan II juga mengalami peningkatan menjadi 80% dengan kategori aktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 216/IV Kota Jambi. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan indikator keaktifan belajar pada setiap siklus dan pertemuannya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Pranilsa
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:28
Last Modified: 03 Jun 2024 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64168

Actions (login required)

View Item View Item