Yulianti, Winarni (2024) Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengembangkan Akselerasi Transformasi Sekolah Penggerak. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (177kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulianti, Winarni. 2024. Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengembangkan Akselerasi Transformasi Sekolah Penggerak: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag., (2) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Transformasi Sekolah Penggerak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam mengembangkan akselerasi transformasi sekolah penggerak, dengan fokus pada kompetensi profesional guru dan upaya yang dalam mencapai tujuan transformasi sekolah penggerak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang dilaksanakan di SD Negeri 198/I Pasar Baru, dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi profesional guru dalam mengembangkan akselerasi transformasi sekolah penggerak menuntut para guru untuk dapat menguasai kelima indikator dari kompetensi profesional guru diantaranya: (1) Penguasaan materi, struktur, pola pikir, dan konsep keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; (2) Pemahaman terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran atau bidang pengembangan potensi yang diampu; (3) Pengembangan materi pembelajaran yang kreatif dan sesuai; (4) Pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif; (5) Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Meskipun masih terdapat dua kelas yang belum menggunakan kurikulum merdeka namun dalam mendukung akselerasi transformasi sekoalah para guru telah menjalankan kelima indikator tersebut dengan baik. Dalam hal ini sekolah mengadakan Kombel (Kelompok belajar) agar para guru dapat terus meningkatkan dan menyesuikan kompetensi professional yang dimilikinya sesuai dengan tuntutan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan untuk upaya guru dalam mengembangkan akselerasi transformasi sekolah melibatkan pengembangan pembelajaran yang inovatif, responsif terhadap kebutuhan siswa, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kompetensi profesional guru menjadi pendorong dalam mempercepat transformasi sekolah dengan mengintegrasi semua aspek dalam tahapan transformasi sekolah pengerak yang meliputi: (1) Hasil belajar; (2) Lingkungan Belajar; (3) Pembelajaran; (4) Refleksi diri dan pengimbasan. Pencapaian tahapan tersebut juga di capai melalui pemahaman yang baik oleh para guru di SDN 198/I Pasar Baru terhadap kompetensi professional guru dalam mngembangkan akselerasi transformasi sekolah penggerak yang dilakukan baik melalui Kombel, pelatihan BGP, IKM dan mengikuti workshop serta pelatihan secara online untuk dapat mendukung kompetensi profsional guru dalam mengakselerasi sekolah ke tahap-tahap transformasi sekolah penggerak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional, Transformasi Sekolah Penggerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Yulianti |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |