Rahayu, Erni (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBENTUK FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
AIC420014_Erni Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Revolusi Industri 4.0 menuntut dunia pendidikan untuk beradaptasi dengan teknologi. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, seperti e-modul interaktif berbentuk flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan emodul materi sistem ekskresi dan menganalisis kelayakan media,menganalisis persepsi guru dan peserta didik serta validitas modul. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implementation dan (5) Evaluation. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket validasi materi, validasi media, guru dan peserta didik. Tes yang dianalisis menggunakan software SPSS 27. Subjek uji coba yaitu peserta didik dan guru SMAN 8 Muaro Jambi. Hasil menunjukan bahwa produk e-modul berbentuk flipbook materi sistem ekskresi dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil Kelayakan e-modul diperoleh melalui validasi materi dan media, validasi materi dilakukan tiga kali dengan persentase 90% dan validasi media dilakukan dua kali dengan persentase 90% , keduanya berada pada kategori “sangat layak”. Hasil persepsi peserta didik uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 75,41% dengan kategori “baik” dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90,25% dengan kategori “sangat baik”. Hasil persepsi guru biologi diperoleh persentase 95% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dengan rata-rata N-gain skor 0,46 termasuk kedalam kategori “sedang” dan berpengaruh dalam kognitif siswa, dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul interaktif berbentuk flipbook layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rahayu |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:16 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 04:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |