Pengembangan Monobiling Karier dalam Meningkatkan Pemahaman Ragam Profesi untuk Peserta Didik di SMP N 7 Muaro Jambi

KUSNIAH SAHPUTRI, AYU (2024) Pengembangan Monobiling Karier dalam Meningkatkan Pemahaman Ragam Profesi untuk Peserta Didik di SMP N 7 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Skripsi Ayu Kusniah Sahputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (156kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Peserta didik merupakan remaja awal berusia rentang 12-15 tahun yang memiliki salah satu tugas penting yaitu mempersiapkan diri untuk menjalankan suatu pekerjaan atau karier. Pada masa ini peserta didik cukup mengenal akan pekerjaan tetapi masih minimnya informasi mengenai pekerjaan tersebut. Melalui layanan bimbingan dan konseling peserta didik dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan menggunakan media permainan Monobiling Karier yang mudah digunakan dan praktis. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan media monobiling karier dalam meningkatkan pemahaman ragam profesi, mengevaluasi kelayakan media monobiling karier dan melihat peningkatan pemahaman siswa tentang ragam profesi dengan media monobiling karier. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel, unit sampling yaitu pimpinan kelas (ketua dan wakil ketua kelas), diperoleh sampel sebanyak 14 orang peserta didik. Teknik dan alat pengumpulan data adalah lembar validasi (ahli materi, ahli media, praktisi dan responden), lembar tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan 93% (sangat layak), ahli media 94% (sangat layak), praktisi 92% (sangat layak) dan hasil dari responden 91% (sangat layak). Yang artinya pengembangan monobiling karier dalam meningkatkan pemahaman ragam profesi layak untuk diimplementasikan kepada peserta didik. Serta hasil perhitungan T-test dengan menggunakan SPSS 23.0 diperoleh Thitung yaitu sebesar 13,519 yang berarti terdapat peningkatan pemahaman ragam profesi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan/treatment. Bagi Guru BK, agar media permainan monobiling karier dapat diimplementasikan guna menunjang proses pemberian informasi. Bagi Peneliti Selanjutnya, produk yang dikembangkan ini masih sebatas media cetak, diharapkan kedepannya dapat mengembangkan produk lebih modern seperti dalam bentuk game online atau yang dapat diakses melalui handphone. Kata Kunci : Pengembangan Monobiling Karier, Pemahaman Ragam Profesi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan Monobiling Karier, Pemahaman Ragam Profesi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Sahputri
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:50
Last Modified: 05 Jun 2024 04:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64404

Actions (login required)

View Item View Item