Safitri, Tiara Dila (2024) Perbedaan Perencanaan Karier Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa di MAN 2 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI .pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil prapenelitian yang dilakukan di lapangan dimana disimpulkan bahwasannya setiap individu memiliki tahapan perencanaan karier yang berbeda-beda, untuk itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perencanaan karier siswa dilihat dari jenis kelamin siswa. Perencanaan karier yang akan diteliti merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan siswa dalam merencanakan karier untuk itu adapun langkah-langkah perencanaan karier yang akan diteliti yaitu penilaian diri, menjelajahi peluang, membuat keputusan serta menetapkan tujuan, perencanaan, dan mengejar pencapaian tujuan. Sedangkan jenis kelamin penelitian dibatasi menjadi jenis kelamin perempuan dan laki-laki pada siswa kelas X dan IX. Metodologi yang digunakan yaitu metodologi kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif untuk mencari perbedaan. Populasi penelitian sebanyak 145 siswa, teknik pengambilan sampel simple random sampling (acak sederhana) yang menghasilkan 61 untuk sampel perempuan dan 45 untuk sampel laki-laki dengan total 106 sampel. Instrumen yang digunakan beruka instrumen angket dengan 43 item dan dilakukan uji T-tes indempentent samples test dan persentase formula C. Hasil uji hipotesis yang dilakukan didapatkan hasil dengan koefisien p-value sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 dan hasil membandigkan t-hitung dan t-tabel dimana hasil t-hitung (4.308) > t-tabel (0.190) yang berarti hipotesis diterima yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan perencanaan karier siswa berdasarkan jenis kelamin, dimana siswa perempuan memiliki persentase tinggi yaitu 61,27% sedangkan persentase perencanaan karier siswa laki-laki 59,76% termaksud katagori sedang. Untuk itu rekomendasi yang perlu dikembangan berupa pelatihan serta pelayanan karier kepada siswa untuk mendapatkan informasi terkait perencanakan karier sesuai dengan potensi diri siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Safitri |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:59 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |