STRATEGI GURU MENGATASI DISKALKULIA PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA

NURMINA, NURMINA and NAZURTY, NAZURTY and Widowati, Atri (2024) STRATEGI GURU MENGATASI DISKALKULIA PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS IBU NURMINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER NURMINA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Halaman pengesahan tesis Nurmina.pdf

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Nurmina. 2024. Srategi guru mengatasi diskalkulia pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa. Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nazurty, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or. Kata kunci: Strategi, diskalkulia, anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hambatan diskalkulia pada anak tunarungu. Kedua, Untuk mengetahui bagaimana strategi guru untuk mengatasi diskalkulia anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah hasil pembelajarn matematika anak tunarungu. Sumber data dalam penelitian ini ialah anak berkebutuhan khusus anak tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan wawancara, serta teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan diskalkulia Pada Anak Tunarungu adalah pertama hambatan memahami konsep angka. Anak tunarungu dengan diskalkulia mengalami kesulitan dalam mengenali, memahami, dan memanipulasi angka. Konsep abstrak seperti penjumlahan, dan pengurangan dapat menjadi lebih sulit dipahami karena tidak adanya referensi pendengaran untuk membantu memproses informasi tersebut. Kedua hambatan memahami simbol. Siswa T menonjolkan kecakapan berhitung penjumlahan yang luar biasa di kelas. Ketika dihadapkan pada soal-soal penjumlahan dari guru, kemampuan berhitung siswa T terlihat sangat impresif. Namun, situasi menjadi menarik ketika guru memperkenalkan soal-soal campuran yang mencakup baik penjumlahan maupun pengurangan. Dalam konteks ini, siswa T mengalami kesulitan karena tidak dapat dengan jelas membedakan antara operasi penjumlahan dan pengurangan. Sedangkan strategi untuk mengatasi diskalkulia anak tunarungu adalah sebagai berikut; Pertama, strategi evaluasi awal. Kedua, strategi pendekatan Multi-Sensori. Ketiga, strategi penggunaan manipulatif matematika. Keempat, strategi pengajaran diferensial. Kelima, strategi kolaborasi dengan orang tua.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: NURMINA
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:09
Last Modified: 12 Jun 2024 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64513

Actions (login required)

View Item View Item