CAMPUR KODE BAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTARA PEDADANG DAN PEMBELI DI PASAR SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN.

Hidayah, Sabillatul (2024) CAMPUR KODE BAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTARA PEDADANG DAN PEMBELI DI PASAR SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Hal Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Skripsi Full Final_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
Official URL: htpps://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan fenomena campur kode bahasa dalam interaksi sosial antara pedagang dan pembeli yang ada di Pasar Singkut Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian berupa percakapan lisan yang mengandung campur kode dari interaksi sosial antara pedagang dan pembeli di Pasar Singkut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Uji validitas data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan pengkodean data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa campur kode yang ada di Pasar Singkut benar terjadi tanpa direkayasa. Bahasa yang masuk ke dalam campur kode di Pasar Singkut adalah bahasa Jawa, Sunda, Melayu, Minang, dan Batak. Bentuk campur kode yang ditemukan meliputi campur kode tataran kata sebanyak 49 data, campur kode tataran frasa sebanyak 15 data, dan campur kode tataran klausa sebanyak 9 data. Fenomena campur kode di Pasar Singkut didominasi dengan bahasa Jawa, Sunda, dan Melayu dalam interaksi sosialnya. This research aims to determine the forms and phenomena of language code mixing in social interactions between traders and buyers at Singkut Market, Sarolangun Regency. This research is a type of qualitative research with an ethnographic approach. The research data is in the form of verbal conversations containing code mixing from social interactions between traders and buyers at Singkut Market. The data collection techniques used were proficient free-involved listening techniques, recording techniques, and note-taking techniques. The data validity test applied in this research is triangulation. The data analysis technique used is a descriptive technique with data coding. The results of this research show that the code mixing in Singkut Market actually occurred without being engineered. The languages ​​included in the code mixing at Singkut Market are Javanese, Sundanese, Malay, Minang and Batak. The forms of code mixing found included 49 word level code mixes, 15 phrase level code mixes, and 9 clause level code mixes. The code mixing phenomenon in Singkut Market is dominated by Javanese, Sundanese and Malay in social interactions.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mix codes, languages, markets
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: HIDAYAH
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:19
Last Modified: 17 Jul 2024 06:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64596

Actions (login required)

View Item View Item