Pengembangan Perangkat Pembelajaran PJBL Terintegrasi STEM Pada Alat Musik Tradisional Gong Buleuh Materi Gelombang dan Bunyi

Farrizqi, Muhammad Nur (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran PJBL Terintegrasi STEM Pada Alat Musik Tradisional Gong Buleuh Materi Gelombang dan Bunyi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Pengesahan dan Halaman Persetujuan.pdf

Download (639kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Farrizqi, Muhammad Nur. 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEM Pada Alat Musik Tradisional Gong Buleuh Materi Gelombang dan Bunyi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis., (2) Alrizal, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, PjBL, STEM, Alat Musik Tradisional, Gong Buleuh, Gelombang dan Bunyi. Salah satu persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar adalah mendesain perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini mencakup berbagai media dan sarana yang dirancang sebagai pedoman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan wawancara dengan Ibu Lina Wahyuni, S.Pd, seorang guru fisika di MAN 2 Kota Jambi, diketahui bahwa sekolah tersebut masih menggunakan Kurikulum 2013, sehingga perangkat pembelajaran yang digunakan adalah RPP dan LKPD. Model pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru dan belum mencakup proyek serta tidak mengintegrasikan kearifan lokal Jambi. Dari hasil tes diagnostik, ditemukan bahwa banyak siswa belum memahami konsep fisika dalam konteks kearifan lokal, khususnya pada alat musik tradisional gong buleuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan dan respons siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis PJBL yang terintegrasi STEM pada alat musik tradisional gong buleuh dalam materi gelombang dan bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan 4-D, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpulan data mencakup angket analisis kebutuhan siswa, pedoman wawancara, angket validasi ahli materi dan media, serta angket respons siswa. Hasil penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis kearifan lokal Jambi terkait materi gelombang bunyi pada alat musik gong buleuh. Berdasarkan validasi oleh dosen ahli, tingkat kelayakan atau validitas perangkat pembelajaran berupa RPP mencapai 95%, sedangkan LKPD juga mencapai 95%. Validasi RPP oleh pendidik adalah 91%, dan LKPD adalah 89%. Angket respons siswa menunjukkan nilai validitas sebesar 85,21% dengan kategori “sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal Jambi mengenai materi gelombang bunyi pada alat musik gong buleuh untuk kelas XI SMA layak digunakan. Peneliti berikutnya didorong untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran ini serta mengimplementasikannya, dan mengevaluasi tingkat efektivitas perangkat pembelajaran tersebut. Farrizqi, Muhammad Nur. 2024. Development of Development of STEM-Integrated PjBL Learning Tools on Traditional Musical Instruments Gong Buleuh Wave and Sound Materials: Thesis, Physics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (1) Dr. Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis., (2) Alrizal, S.Pd., M.Si. Keywords: Learning Tools, PjBL, STEM, Traditional Musical Instruments, Gong Buleuh, Waves and Sounds. One of the preparations that teachers must make before teaching is designing learning tools that will be used in the learning process. These learning tools include various media and facilities that are designed as guidelines in teaching and learning activities at school. Based on an interview with Mrs. Lina Wahyuni, S.Pd, a physics teacher at MAN 2 Jambi City, it is known that the school is still using the 2013 Curriculum, so the learning tools used are lesson plans and LKPD. The learning model The learning model applied is still teacher-centered and does not include projects and does not integrate Jambi local wisdom. From the diagnostic test results, it was found that many students did not understand the concept of physics in the context of local wisdom, especially on the traditional musical instrument gong buleuh. This study aims to evaluate the feasibility and student responses to STEM-integrated PPA-based learning tools on traditional gong buleuh musical instruments in wave and bu material.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Tools, PjBL, STEM, Traditional Musical Instruments, Gong Buleuh, Waves and Sounds.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: FARRIZQI
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:40
Last Modified: 19 Jul 2024 07:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64697

Actions (login required)

View Item View Item