EFEKTIVITAS MODUL MOTOSOFT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK AUTISME DI SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI

Putry, Rts. Dinda Mutyara (2024) EFEKTIVITAS MODUL MOTOSOFT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK AUTISME DI SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (861kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK LATAR BELAKANG Salah satu hambatan perkembangan pada anak dengan gangguan autisme ialah dalam hal motorik halus, Seringkali ditemukan hampir seluruh anak dengan gangguan autisme mengalami permasalahan pada perkembangan motorik halusnya, terlihat dari gerakannya yang kaku dan kasar, sehingga menyebabkan anak kesulitan dalam memegang, menekan, menggenggam dan menjimpit benda. TUJUAN PENELITIAN ialah untuk menguji efektivitas penggunaan Modul MOTOSOFT dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak autisme di SLB Harapan Mulia Kota Jambi. METODE Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, rancangan single subject research (SSR) atau subjek tunggal. Terdapat 3 rangkaian kegiatan yaitu basaline 1 untuk melihat kemampuan motorik halus anak sebelum diberikan intervensi dengan 3 sesi, kemudian intervensi untuk melihat peningkatan yang terjadi selama perlakuan dengan 4 sesi setiap sesi terdiri dari 5 hari, dan baseline 2 untuk melihat perubahan kemampuan motorik halus anak setelah diberikan intervensi dengan 3 sesi. Responden dalam penelitian ini adalah 1 orang anak dengan gangguan autisme kelas I di SLB Harapan Mulia dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis visual. HASIL Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah melakukan rangkaian kegiatan intervensi. Hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan skor sebesar 45-50 point antara baseline 1 dan baseline 2. KESIMPULAN Dari penelitian yang telah dilakukan anak mengalami mengalami peningkatan pada kemampuan motorik halusnya, sehingga penggunaan modul MOTOSOFT dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus siswa autisme kelas I di SLB Harapan Mulia Kota Jambi. Kata Kunci : Autisme, Motorik Halus , MOTOSOFT. ABSTRACT BACKGROUND One of the developmental barriers in children with autism spectrum disorder is the hindrance in fine motor development. It is often found that almost all children with autism spectrum disorder have issues in their fine motor development, evident from their stiff and coarse movements, leading to difficulties in grasping, pressing, gripping, and pinching objects. RESEARCH OBJECTIVE is to examine the effectiveness of using the MOTOSOFT Module in enhancing fine motor skills in children with autism at SLB Harapan Mulia, Jambi City. METHOD This research uses a quantitative approach with experimental methods, a single subject research (SSR) or single subject design. There are 3 series of activities, namely baseline 1 to see the child's fine motor skills before being given intervention with 3 sessions, then intervention to see the improvements that occur during treatment with 4 sessions each session consisting of 5 days, and baseline 2 to see changes in the child's fine motor skills after given intervention with 3 sessions. The respondent in this study was 1 child with class I autism disorder at SLB Harapan Mulia using a sampling technique in the form of purposive sampling. Data analysis uses descriptive statistical analysis and visual analysis. RESULTS The results of the study showed that there was an increase in children's fine motor skills after carrying out a series of intervention activities. This can be seen from the increase in score of 45-50 points between baseline 1 and baseline 2. CONCLUSION From the conducted research, it is evident that the children experienced an improvement in their fine motor skills. Therefore, the use of the MOTOSOFT module can be considered effective in enhancing the fine motor skills of first-grade autistic students at the Harapan Mulia Special School in Jambi City. Keywords : Autism, Fine Motor, MOTOSOFT.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Autisme, Motorik Halus , MOTOSOFT Autism, Fine Motor, MOTOSOFT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: PUTRY
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:30
Last Modified: 10 Jun 2024 03:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64837

Actions (login required)

View Item View Item