Efektivitas model pembelajaran think talk write berorientasi argumentasi dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi termokimia di sma

Margaretha Siburian, Ester (2024) Efektivitas model pembelajaran think talk write berorientasi argumentasi dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi termokimia di sma. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (155kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Margaretha Siburian, Ester. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write Berorientasi Argumentasi dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Termokimia di SMA” Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Penndidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Muhammad Haris Effendi Hasibuan, S.Pd., M.Si., Ph.D (II) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write Berorientasi Argumentasi, Kemampuan Argumentasi, Termokimia. Dalam pembelajarannya siswa tidak melibatkan proses argumentasi sehingga terlihat dari aktivitas siswa yang masih kurang aktif berfikir, berbicara dan menyimpulkan materi dalam proses pembelajaran sehingga memengaruhi kemampuan argumentasi siswa. Hal ini menjadi alasan bahwa di sekolah tersebut dibutuhkan satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan argumentasi siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berorientasi Argumentasi dan Think Talk Write (TTW) Original, mengetahui perbedaan kemampuan argumentasi antara siswa yang menggunakan model TTW Berorientasi Argumentasi dan TTW Original, dan untuk mengetahui faktor penyebab perbedaan kemampuan argumentasi pada kelas yang menggunakan model pembelajaran TTW Berorientasi Argumentasi dan TTW Original pada materi termokimia dikelas IX Fase F SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan dua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pendekatan mix method yang digunakan adalah jenis Triangulasi Konkuren yaitu teknik pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif dalam waktu yang bersamaan pada tahap penelitian, kemudian membandingkan antara data kualitatif dengan data kuantitatif untuk mengetahui perbedaan atau kombinasinya Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan argumentasi siswa meningkat melalui nilai rata-rata posttest dikedua kelas dengan model pembelajaran yang berbeda. Akan tetapi, kelas eksperimen (TTW Berorientasi Argumentasi) mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu sebesar 81,94 dibandingkan dengan kelas control (TTW Original) yaitu sebesar 73,14. Kemudian nilai signifikansi posttest di kelas TTW Berorientasi Argumentasi dan TTW Original memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,005). Jika nilai signifikan < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Sehingga secara parsial uji t-independen memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan signifikan nilai posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelejaran Think Talk Write Berorientasi Argumentasi efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi termokimia. ABSTRACT Margaretha Siburian, Ester. 2024. "The Effectiveness of Argumentation-Oriented Think Talk Write Learning Model in Improving Students' Argumentation Ability on Thermochemical Material in High School" Thesis, Chemistry and Natural Sciences Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Advisors: (I) Muhammad Haris Effendi Hasibuan, S.Pd., M.Si., Ph.D (II) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Keywords: Argumentation-Oriented Think Talk Write Learning Model, Argumentation Ability, Thermochemistry. In learning, students do not involve the argumentation process so that it can be seen from the activities of students who are still less active in thinking, speaking and concluding material in the learning process so that it affects students' argumentation skills. This is the reason that the school needs a learning model that can improve students' argumentation skills. This study aims to determine students' argumentation skills through the Think Talk Write (TTW) Argumentation-Oriented and Think Talk Write (TTW) Original learning models, to determine the difference in argumentation skills between students using the TTW Argumentation-Oriented and TTW Original models, and to determine the factors that cause differences in argumentation skills in classes using the TTW Argumentation-Oriented and TTW Original learning models on thermochemical material in class IX Phase F SMA Negeri 8 Jambi City. This study uses a mixed approach method (mix method) by using two data, namely qualitative data and quantitative data. The mix method approach used is the type of Concurrent Triangulation, namely quantitative data collection techniques and qualitative data at the same time at the research stage, then comparing qualitative data with quantitative data to determine differences or combinations. Based on the results of the study, students' argumentation skills increased through the average posttest scores in both classes with different learning models. However, the experimental class (TTW Oriented Argumentation) has a higher average value of 81.94 compared to the control class (TTW Original) which is 73.14. Then the significance value of the posttest in the Argumentation-Oriented TTW and Original TTW classes has a significance value of 0.000 (0.000 <0.005). If the significant value <0.05 then the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. So that partially the independent t-test has a significant effect. This proves that there is a significant difference in posttest scores. So it can be concluded that the use of the Argumentation-Oriented Think Talk Write learning model is effective for improving students' argumentation skills on thermochemical material.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write Berorientasi Argumentasi, Kemampuan Argumentasi, Termokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Siburian
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:55
Last Modified: 13 Jun 2024 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65179

Actions (login required)

View Item View Item