YANI, DWI FITRI (2024) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF PANCASILA SILA KE-5 BUTIR KE-7 MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
![]() |
Text
SKRIPSI_DWI FITRI YANI_PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau Dari Perspektif Pancasila Sila Ke-5 Butir Ke-7 Mahasiswa PPKn Universitas Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. M Salam, M.Si. (II) Dr. Alif Aditya Candra, M.Pd. Kata Kunci: Aplikasi shopee, perilaku konsumtif, nilai-nilai Pancasila Perkembangan globalisasi yang bergerak sangat pesat di berbagai sektor mempengaruhi sektor ekonomi yang semula tradisional mulai bergeser ke arah digitalisasi. Hal ini berpengaruh pula pada tingginya intensitas penggunaan aplikasi shopee pada mahasiswa PPkn Universitas Jambi yang menyebabkan munculnya perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan aplikasi shopee terhadap perilaku konsumtif ditinjau dari perspektif Pancasila Sila Ke-5 Butir Ke-7 mahasiswa PPKn Universitas Jambi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, analisis data menggunakan regresi sederhana. Sumber data diperoleh dari responden sebanyak 39 orang yang diambil dengan teknik non probability. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada responden pada area penelitian. Berdasarkan analisis data dengan bantuan SPSS Versi 26, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intensitas penggunaan aplikasi shopee berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa PPKn Universitas Jambi. Hal ini dapat dilihat dari nilai P-Value < sig alpha yaitu 0.000<0.05 yang berarti variabel intensitas penggunaan aplikasi shopee memberikan pengaruh secara signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif. Besarnya pengaruh yang ditunjukkan sebesar 54,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada mahasiswa untuk dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari dan juga berpedoman kepada nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat agar tidak terseretnya arus perkembangan globalisasi secara pesat yang terjadi pada saat ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Yani |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 02:51 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |