Pengembangan Video Pembelajaran Sentra Persiapan Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Kota Jambi

Putri, Shelvira Amanda (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Sentra Persiapan Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Halaman Pengesahann.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB)
[img] Text
FULL_Skripsi_Shelvira_Amanda_Putri_(A1F120050)_pgpaud.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (228kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah periode penting dalam pembinaan anak yang memerlukan model pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Salah satu pendekatan yang relevan adalah pembelajaran berbasis sentra, yang menggabungkan berbagai kegiatan seperti membaca, menulis, dan berhitung, serta mengintegrasikan kearifan lokal. Model pembelajaran sentra memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dengan lingkungan mereka dan mempelajari nilai-nilai budaya lokal, yang sangat penting dalam membentuk karakter dan identitas anak Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahap analisis melibatkan pengkajian kebutuhan dan identifikasi kurikulum yang relevan. Pada tahap desain, dilakukan perencanaan dan pembuatan video pembelajaran yang mencakup nilai-nilai kearifan lokal Jambi. Pengembangan melibatkan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Implementasi dilakukan dengan uji coba terbatas di TK Pertiwi 2 Kota Jambi, dan evaluasi dilakukan untuk menyempurnakan video berdasarkan umpan balik dari uji coba tersebut Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu media dinyatakan dalam kategori layak untuk diuji cobakan pada tahap implementasi dikarenakan pada validasi materi diperoleh presentase 90%, maka ini menunjukan kriteria yang sangat baik. Begitu pula dengan validasi desain media yang memperoleh presentase 98,75%, maka ini menunjukan kriteria yang baik. Dengan demikian hasil dari validasi video pebbelajaran telah dikatakan layak untuk diujicobakan. Kesimpulannya, pengembangan video pembelajaran berbasis kearifan lokal pada model pembelajaran sentra memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran di PAUD dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran Sentra, Kearifan Lokal, Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:55
Last Modified: 14 Jun 2024 07:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65285

Actions (login required)

View Item View Item