Fatrisia Stefani, Resti (2024) Pengembangan e-Modul Proyek(PjBL) Menggunakan Prinsip Green Chemistry Pada Materi Asam Basa Dikelas XI SMAN 13 Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FUL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan .pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (45kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), menggunakan kerangka 4-D yang terdiri dari empat tahap dan disederhanakan menjadi tiga tahap, yaitu (a)Define, (b)Design, (c)Develop. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan dalam uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi sebesar 3,0 (cukup layak dengan revisi), 4,5 (sangat layak tanpa revisi) dan untuk rerata skor dari ahli media sebesar 3,1 (cukup layak dengan revisi), 4,5 (layak tanpa revisi) serta dinyatakan layak untuk diujicobakan kepada peserta didik. Selanjutnya berdasarkan tanggapan dan penilaian guru terhadap e-modul proyek menggunakan prinsip green chemistry telah layak untuk diujicobakan kepada peserta didik, dengan skor sebesar 4,6 (sangat layak). Serta mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dalam ujicoba kelompok kecil sebesar 92,6%%. Kata kunci: e-modul proyek, green chemistry, Hasil Pengembangan, Asam basa ABSTRACT This research is development research (Research and Development), using a 4-D framework which consists of four stages and is simplified into three stages, namely (a) Define, (b) Design, (c) Develop. The research instruments used were interview sheets and questionnaires. The resulting product is validated by material experts and media experts and assessed by teachers who are then tested in small group trials. The data analysis techniques used are qualitative data analysis (comments and suggestions) and quantitative data analysis (answer scores and percentages). The results of this research obtained an average score from material experts of 3.0 (fairly adequate with revision), 4.5 (very adequate without revision) and an average score from media experts of 3.1 (quite adequate with revision), 4, 5 (feasible without revision) and declared suitable to be tested on students. Furthermore, based on teachers' responses and assessments of the e-module, the project using green chemistry principles was suitable for testing with students, with a score of 4.6 (very feasible). As well as getting a good response from students in small group trials of 92.6%. Keywords: Project e-Module, Green Chemistry, Development Results, Acids And Bases
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul proyek, green chemistry, Hasil Pengembangan, Asam basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fatrisia |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 03:36 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |