Fajarwati, Devit (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Cover .pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan .pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka (1).pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Fajarwati, Devit. 2024. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Aspek Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Di TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi Ajaran 2023/2024: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si. (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Aspek Bahasa Pada TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi, tidak banyak menggunakan media teknologi dalam pembelajaran, membuat siswa bosan.Video pembelajaran, sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran luring dan daring, harus digunakan untuk mengurangi hambatan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran baru, mengetahui apakah produk tersebut layak, dan mengetahui respon guru di TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. Penelitian penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menerapkan model ADDIE dan keterbatasan pengembangan ADD. Tahapan yang digunakan dan dilakukan dalam penelitian ini dimulai dengan analyze, designe, dan development. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui angket dan observasi langsung. Data yang dikumpulkan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pada uji kelayakan video, hasil validasi ahli materi dilakukan dua kali, dengan nilai persentase 77,5% untuk kategori baik dengan revisi materi, dan 82,5% untuk kategori sangat baik serta layak untuk uji coba. Hasil validasi ahli media dilakukan sekali, dengan nilai persentase 97,5% untuk kategori sangat baik dan dinyatakan layak tanpa revisi. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 9 guru, yang menghasilkan persentase 95,7% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, guru menggunakan metode observasi untuk menguji video pembelajaran pada siswa kelas B3 TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. Hasilnya menunjukkan bahwa video pembelajaran yang didasarkan pada kearifan lokal dalam perkembangan bahasa dapat menarik minat dan perhatian peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Aspek Bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | FAJARWATI |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 07:20 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |