Nayasa, Helga (2024) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (863kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik pada siswa kelas VIII SMP N 9 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data penelitian ini berbentuk hasil tes kemampuan literasi matematis, hasil pengamatan dan hasil wawancara siswa yang sumber datanya didapatkan dari siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Teknik pemilihan subjek penelitian yang digunakan ialah teknik purposive , teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan literasi matematis, pengamatan dan wawancara terhadap subjek penelitian kemudian teknik analisis data yang dipakai ialah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa visual dan auditori mampu merumuskan masalah secara matematis, menggunakan fakta, konsep, dan prosedur penyelesaian secara matematis dan menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematis. Sementara siswa kinestetik hanya mampu memenuhi indikator merumuskan masalah secara matematis. Dari hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa siswa visual dan auditori memiliki kemampuan literasi matematis dan siswa kinestetik belum memenuhi indikator kemampuan literasi matematis This study aims to describe the mathematical literacy skills of students with visual, auditory, or kinesthetic learning styles in class VIII students of SMP N 9 Jambi City in the 2023/2024 school year. This type of research is qualitative research with a descriptive approach, this research data is in the form of mathematical literacy test results, observation results and student interview results whose data sources are obtained from 8th grade students of SMP Negeri 9 Jambi City. The research subject selection technique used was purposive technique, data collection techniques were carried out through mathematical literacy tests, observations and interviews of research subjects then the data analysis technique used was to use data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study revealed that visual and auditory students were able to formulate problems mathematically, use facts, concepts, and mathematical solution procedures and interpret, apply, and evaluate mathematical results. While kinesthetic students are only able to fulfill the indicators of formulating problems mathematically. From the results of the research conducted, it is concluded that visual and auditory students have mathematical literacy skills and kinesthetic students have not fulfilled the indicators of mathematical literacy skills.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NAYASA |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:09 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |