MAGNER, GRESSINA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC)-2C (CULTURE AND COMMUNICATION) PADA MATERI TEKANAN. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
COVER N.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari pada permasalahan yang terjadi pada siswa dalam proses pembelajaran fisika di sekolah. Banyak siswa yang menganggap bahwa mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit, khususnya pada materi tekanan. Beberapa faktor yang menjadi permasalahan yaitu penggunaan media dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan, kelayakan dan persepsi siswa terhadap video berbasis pendekatan STEAM-2C pada materi tekanan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau yag disebut dengan istilah R&D (Research and Development). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 33 siswa dan SMA Negeri 1 Adhyaksa Kota Jambi yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D (4D) yang meliputi 4 tahapan yaitu tahap Pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Kelayakan video pembelajran ini ditinjau dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Kemudian melihat hasil persepsi siswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa video pembelajaran berbasis pendekatan STEAM-2C pada materi tekanan. Rata-rata persentase kevalidan berdasarkan aspek materi sebesar 86% dan rata-rata persentase kevalidan berdasarkan ahli media sebesar 89%, hasil uji coba dari angket persepsi siswa mendapatkan respon positif yaitu dengan rata-rata persentase sebesar 83% di SMA Negeri 1 Kota Jambi dan rata-rata persentase 82% di SMA Negeri 1 Adhyaksa Kota Jambi. Dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis pendekatan STEAM-2C pada materi tekanan dinyatakan sangat valid sehingga layak digunakan dan mendapatkan respon positif untuk disajikan media dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magner |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 07:19 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |