Fitri, Regita Faradila Eka (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berkolaborasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version Download (210kB) |
![]() |
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version Download (347kB) |
![]() |
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB V SKRIPSI.pdf - Published Version Download (216kB) |
![]() |
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (223kB) |
![]() |
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
DAFTAR RUJUKAN SKRIPSI.pdf - Published Version Download (329kB) |
![]() |
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI FULL_REGITA FARADILA EKA FITRI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version Download (434kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri 73/IX Simpang Sungai Duren dengan jumlah peserta didik 23 orang yang terdiri dari 10 orang peserta didik putra serta 12 orang peserta didik putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berhasil meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi peserta didik. Peningkatan tersebut teramati melalui berbagai indikator yang telah ditetapkan pada lembar instrumen observasi penilaian peningkatan setiap keterampilan. Pada keterampilan berkomunikasi, perolehan hasil pengamatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I pertemuan I ke siklus II pertemuan II. Secara keseluruhan, terdapat peningkatan keterampilan berkomunikasi secara klasikal pada siklus I sebesar 52,17%, dan pada siklus II mencapai 93,47%, menunjukkan bahwa seluruh peserta didik mengalami peningkatan pada keterampilan berkomunikasi. Selanjutnya, perolehan hasil pengamatan juga menunjukkan peningkatan pada keterampilan berkolaborasi peserta didik. Seperti pada keterampilan berkomunikasi, terdapat peningkatan yang konsisten dari siklus I pertemuan I ke siklus II pertemuan II. Secara keseluruhan, terdapat peningkatan keterampilan berkolaborasi secara klasikal pada siklus I sebesar 39,13%, dan pada siklus II mencapai 100%, menunjukkan bahwa seluruh peserta didik telah mengalami peningkatan pada keterampilan berkolaborasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar dalam proses pembelajaran IPAS. This research aims to describe improving communication and collaboration skills through the application of the Jigsaw type cooperative learning model in class IV elementary school students. This research is classroom action research carried out in two cycles where each cycle is carried out in two meetings and consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were students in class IV A of SD Negeri 73/IX Simpang Sungai Duren with a total of 23 students consisting of 10 male students and 12 female students. The data collection techniques used are interviews, tests, observation and documentation. The research results showed that the application of the Jigsaw type cooperative learning model was successful in improving students' communication and collaboration skills. This increase is observed through various indicators that have been determined on the observation instrument sheet for assessing the improvement of each skill. In communication skills, the results of observations showed a significant increase from cycle I of meeting I to cycle II of meeting II. Overall, there was an increase in classical communication skills in cycle I of 52.17%, and in cycle II it reached 93.47%, indicating that all students experienced an increase in communication skills. Furthermore, the observation results also showed an increase in students' collaboration skills. As with communication skills, there was a consistent improvement from cycle I, meeting I to cycle II, meeting II. Overall, there was an increase in classical collaboration skills in cycle I of 39.13%, and in cycle II it reached 100%, indicating that all students had experienced an increase in collaboration skills. Thus, it can be concluded that the application of the Jigsaw type cooperative learning model is effective in improving the communication and collaboration skills of grade IV elementary school students in the science and science learning process.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Keterampilan Berkomunikasi, Keterampilan Berkolaborasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FITRI |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 06:36 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |