Yani, Fitri (2024) Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FITRI YANI (A1A120023).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (8kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (148kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (112kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (229kB) |
Abstract
ABSTRAK Yani, Fitri. 2024. Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd., (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 22 kota jambi yaitu masih terdapat banyak siswa yang nilai ulangan hariannya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase nilai yang tuntas sebesar 30% dan tidak tuntas sebesar 70%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh prokrastinasi akademik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Jumlah populasi sebanyak 256 siswa dan sampel sebanyak 156 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi secara simultan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t_( hitung )> t_( tabel ) sebesar -17,730 > 1,655 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t_( hitung )> t_( tabel ) sebesar 2,170 > 1,655 dan nilai sig. 0,032 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara prokrastinasi akademik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan F_( hitung )> F_( tabel ) sebesar 38,689 > 3,06 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi secara simultan sebesar 32,7% dan sisanya sebesar 67,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dapat ditarik kesimpulan bahwa prokrastinasi akademik dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Disarankan kepada siswa untuk mengatasi perilaku prokrastinasi akademik dan meningkatkan motivasi belajar agar hasil belajar menjadi meningkat. Kepada guru dan sekolah sebaiknya dapat membuat strategi yang tepat untuk mengatasi siswa yang cenderung melakukan prokrastinasi akademik dan menciptakan pembelajaran yang menarik dan menginspirasi agar siswa termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar akan meningkat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | YANI |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:12 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |