PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITAR KITA DI SEKOLAH DASAR

Nainggolan, Thalia Cahya Nabila (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITAR KITA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (803kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Skripsi Full_Thalia Cahya Nabila Nainggolan_A1D120113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Nainggolan, Thalia Cahya Nabila, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Powtoon IPAS Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof, Drs, Syahrial, M.Ed., Ph.D. (2) Andi Gusmaulia Eka Putri, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Powtoon, IPAS Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui validitas dan kepraktisan media pembelajaran video interaktif berbasis powtoon untuk mata pelajaran IPAS, dengan materi “Gaya di Sekitar Kita” di sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian pengembangan ini mengadopsi Model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Pengujian kelompok kecil dilakukan dengan 6 peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan yang beragam: 2 peserta didik dengan kemampuan rendah, 2 peserta didik dengan kemampuan sedang, dan 2 peserta didik dengan kemampuan tinggi di kelas IV. Pengujian kelompok besar dilaksanakan dengan peserta didik kelas IV di SDN 56/I Desa Aro. Jenis data dalam penelitian ini mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Tingkat validitas materi pada media pembelajaran video interaktif memperoleh jumlah skor 38 dengan rata-rata 4,75 dengan kategori “Sangat Valid”. Tingkat validitas media pada media pembelajaran video interaktif memperoleh jumlah skor 78 dengan rata-rata 4,87 dengan kategori “Sangat Valid”. Tingkat validitas bahasa pada media pembelajaran video interaktif memperoleh jumlah skor 36 dengan rata-rata 4,5 dengan kategori “Sangat Valid”. Tingkat kepraktisan media pembelajaran video interaktif dari guru memperoleh jumlah rata-rata 37 dengan rata-rata 4,6 dengan kategori “Sangat Praktis”, dari peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh jumlah rata-rata 28,5 dengan rata-rata 4,75 dengan kategori “Sangat Praktis”, dan dari peserta didik pada uji coba kelompok besar memperoleh jumlah rata-rata 114 dengan rata-rata 4,56 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Powtoon IPAS Sekolah Dasar secara keseluruhan dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Powtoon, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NAINGGOLAN
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:59
Last Modified: 28 Jun 2024 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65814

Actions (login required)

View Item View Item