PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA FAKTOR- FAKTOR LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAS ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI

Hameisya, Fatika (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA FAKTOR- FAKTOR LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAS ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (150kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
FATIKA HAMEISYA FIX SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (171kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hameisya, Fatika. 2024. Pengembangan e-LKPD Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Subbab Faktor Laju Reaksi Di SMAS Adhyaksa 1 Kota Jambi : Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. (II) Dr. Drs. Harizon, M.Si. Kata Kunci: e-LKPD, Guided Inquiry, Motivasi Belajar, Faktor Laju Reaksi Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila tujuan dari pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Pembelajaran zaman sekarang menuntut kita untuk mengandalkan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi berupa media pembelajaran bukan hanya sebagai alat bantu tetapi bahan ajar dalam pembelajaran itu sendiri. Salah satu media pembelajaran yang mendukung pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah dengan mengembangkan e-LKPD berbasis Guided Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan e-LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi faktor laju reaksi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mengetahui kelayakan e-LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi faktor laju reaksi serta penilaian guru dan respon peserta didik terhadap e-LKPD berbasis Guided Inquiry yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee dan Owens. Instrumen penelitian berupa instrumen wawancara, instrumen angket kebutuhan peserta didik, instrumen validator ahli, penilaian guru dan respon peserta didik. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa e-LKPD berbasis Guided Inquiry mendapat kriteria layak diujicobakan tanpa revisi oleh validator ahli media dengan rerata skor 4,56 dan validator ahli materi dengan rerata skor 4,42. Adapun dari angket penilaian guru e-LKPD dinyatakan dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik dengan rerata skor 4,71 dan dari angket respon peserta didik diperoleh skor 92,33% kategori sangat baik dimana diujicobakan kepada kelompok kecil sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa prosedur pengembangan e-LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi faktor laju reaksi menggunakan model Lee dan Owens dengan 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun e-LKPD berbasis guided inquiry pada materi faktor laju reaksi dinyatakan layak secara konseptual dan praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, Guided Inquiry, Motivasi Belajar, Faktor Laju Reaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Hameisya
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:09
Last Modified: 11 Jul 2024 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65868

Actions (login required)

View Item View Item