PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENCAPAI KECERDASAN SESOSIF SISWA KELAS IV SD

Andreansyah, Yusuf (2024) PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENCAPAI KECERDASAN SESOSIF SISWA KELAS IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (62kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Andreansyah, Yusuf. 2024. Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka dalam Mencapai Kecerdasan SESOSIF Siswa Kelas IV SD: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Sc. (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Pengaruh, Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan sosial siswa di sekolah dasar. Studi ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi pada tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah expost facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni nonequivalent control group design, dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes angket kecerdasan sosial kepada siswa. Kemudian data diolah untuk membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai kemampuan akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai uji t dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai nilai t hitung sebesar 2.392 melebihi nilai t tabel sebesar 1.749. Kemudian berdasarkan hasil uji t menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi dari tabel uji hiposkripsi adalah 0,001, yang lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar para pembina dan pihak sekolah tetap aktif dalam menyelenggarakan pertemuan dan latihan ekstrakurikuler pramuka. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non-akademik serta meningkatkan kecerdasan sosial mereka.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ANDREANSYAH
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:53
Last Modified: 01 Jul 2024 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65890

Actions (login required)

View Item View Item