Penerapan Collaborative Governance dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Mal Pelayanan Publik Kota Jambi Tahun 2023)

Wahyudi, Karini (2024) Penerapan Collaborative Governance dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Mal Pelayanan Publik Kota Jambi Tahun 2023). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Karini Wahyudi (H1A120104).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Karini Wahyudi (H1A120104).pdf

Download (256kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Skripsi Karini Wahyudi (H1A120104).pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi Karini Wahyudi (H1A120104).pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Karini Wahyudi (H1A120104).pdf

Download (186kB)
[img] Text
Cover Skripsi Karini Wahyudi (H1A120104).pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Karini Wahyudi (H1A120104).pdf

Download (402kB)

Abstract

Proses kolaboratif yang efektif merupakan langkah maju dalam transformasi birokrasi. Kolaborasi dihadirkan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sulit dilakukan hanya satu lembaga, seperti peningkatan kualitas pelayanan publik.. Keterlibatan aktif dan komitmen semua lembaga yang tergabung adalah kunci keberhasilan sebuah kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa model kolaboratif yang melibatkan kerjasama lintas sektor dengan komunikasi terbuka dan pembagian peran yang jelas dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas layanan publik. Kerja sama yang baik juga dapat meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan dapat memberikan dampak baik terhadap kepuasaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kolaboratif berkontribusi positif terhadap kepuasan masyarakat, meskipun menghadapi berbagai tantangan seperti birokrasi yang kompleks, dan perbedaan budaya organisasi antara sektor publik dan swasta. Tetapi Mal Pelayanan Publik sudah memberikan pelayanan yang baik dan berkualiats kepada masyarakat. Kesimpulan penelitian menekankan pentingnya komitmen dan keterlibatan semua pemangku kepentingan serta pengembangan kerangka kerja yang mendukung kolaborasi untuk mencapai peningkatan pelayanan publik yang berkelanjutan. Kata Kunci : Kolaborasi, Pelayanan Publik, Masyarakat

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WAHYUDI
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:41
Last Modified: 01 Jul 2024 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65899

Actions (login required)

View Item View Item