TAKBIR AL AKBAR, GEMA (2024) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMAN 1 BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Gema Selesai.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (194kB) |
Abstract
Keprofesionalan guru dalam pembelajaran ada yang belum memahami bahan yang akan diajar, hal ini terlihat pada cara guru menyampaikan materi saat mengajar yang tidak produktif sehingga siswa sulit untuk memahami materi tersebut. Disamping itu metode dan teknik mengajar yang masih monoton dan tidak bervariasi, ini membuat siswa merasa jenuh dan membuat suasana kelas menjadi tidak aktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk manajemen yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan sikap profesionalisme guru di SMA N 1 Batanghari. Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA N 1 Batanghari. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh berupa informasi-informasi mengenai manajemen yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan sikap profesionalisme guru. Hasil penelitian yaitu 1) Manajemen yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA N 1 Batanghari pada aspek, a) Perencanaan humas sudah memiliki tahap persiapan perencanaan, melakukan perencanaan pembelajaran dengan melibatkan semua guru kepala, kepala sekolah dan pihak terkait. b) Pengorganisasian, kegiatan peningkatan profesionalisme guru sudah terorganisasi dengan baik dengan melibatkan masing-masing bidang wakil kepala sekolah. c) Pengkomunikasian, semua berjalan dengan baik dengan pertemuan setiap bulan, setiap semester dan adanya grup sekolah. d) Pengawasan : pegawasan kinerja guru dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dengan adanya laporan setiap bulan, setiap semester dan difungsikannya guru piket sebagai kordinator kegiatan sekolah dengan kendala pengawasan yaitu pengawasan tidak berlanjut pada tahap evaluasi penialain kinerja tenaga pengajar sehingga pengawasan hanya sebatas pengawasan tetapi tidak ada hasil balik yang lebih baik. 2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA N 1 Batanghari, pada aspek perencanan kendala yang dihadapi berupa adanya dua kurikulum yang berbeda yang menyebabkan ketidaksiapan guru dalam mempersiapkan alat belajar yang memadai, pada pegawasan dengan kendala pengawasan yaitu pengawasan tidak berlanjut pada tahap evaluasi penialain kinerja tenaga pengajar sehingga pengawasan hanya sebatas pengawasan tetapi tidak ada hasil balik yang lebih baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Akbar |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 08:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |