PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN KELAS III SDN 55/I SRIDADI

Sintya, Maya (2024) PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN KELAS III SDN 55/I SRIDADI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB 1..pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB 5..pdf

Download (29kB)
[img] Text
COVER MAYA SINTYA.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
SKRIPSI MAYA SINTYA_A1D120152_Unggah E-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
pengesahan maya.pdf

Download (282kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan video pembelajaran berbasis book creator untuk meningkatkan minat belajar siswa padamuatan PPKN kelas III SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SD Negeri 55/I Sridadi dengan jumlah peserta didik 23 orang yang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki serta 12 orang peserta didik perempuan. Pembelajaran yang menjadi sasaran yaitu muatan PPKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan video pembelajaran berbasis book creator dapat meningkatkan minat belajar siswa menggunakan instrumen lembar observasi yang didasarkan pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase keberhasilan sebesar 26,08%, siklus I pertemuan 2 memperoleh persentase keberhasilan sebesar 34,78%, pada siklus II pertemuan 1 69, 56%, pada siklus II pertemuan 2 memperoleh persentase keberhasilan sebesar 82,68%. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan video pembelajaran berbasis book creator dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III Sekolah Dasar. Terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. Minat belajar peserta didik dapat meningkat dengan penerapan video pembelajaran berbasis book creator. This research aims to describe how to apply book creator-based learning videos to increase students' interest in learning in PPKN class III SDN 55/I Sridadi. This research is classroom action research carried out in two cycles where each cycle is carried out in two meetings and consists of four stages, namely, planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were class III A students at SD Negeri 55/I Sridadi with a total of 23 students consisting of 11 male students and 12 female students. The learning that is targeted is PPKn content. The results of this research indicate that the application of book creator-based learning videos can increase students' interest in learning using the observation sheet instrument which is based on cycle I meeting 1 which obtained a success percentage of 26.08%, cycle I meeting 2 obtained the percentage of success was 34.78%, in cycle II meeting 1 it was 69.56%, in cycle II meeting 2 the percentage of success was 82.68%. Based on the research results, it can be concluded that the application of video Book creator-based learning can increase students' interest in learning Pancasila education in class III elementary school. This is proven by the success of this research. Students' interest in learning can increase by implementing book creator-based learning videos.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Media Book Creator
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SINTYA
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:40
Last Modified: 03 Jul 2024 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66158

Actions (login required)

View Item View Item