Rizkia, Syarifah (2024) Pengembangan Komik Berbantuan Canva for Education Pada Materi Panca indra Kelas IV di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
skripsi_revisi_sidang_removed.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
skripsi_revisi_sidang_kecil.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rizkia, Syarifah. 2024. Pengembangan Komik Berbantuan Canva for Education pada Materi Panca di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, komik, canva for education Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prosedur Pengembangan Komik Berbantuan Canva For Education Pada Materi Panca Indra Kelas IV di Sekolah Dasar, (2) Mengetahui tingkat validitas Pengembangan Komik Berbantuan Canva For Education Pada Materi Panca Indra Kelas IV di Sekolah Dasar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media pembelajaran dan ahli bahasa, dan (3) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran komik yang dikembangkan. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan kritik dari validator, praktisi serta respon peserta didik terkait produk yang telah dikembangkan. Data kuantitaitf penelitian ini diperoleh dari angket validasi materi ,media, serta bahasa. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 01/IV Kota Jambi, pada April-Mei 2024. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran komik untuk materi panca indra kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan menggunakan aplikasi canva for education. Prosedur pengembangan komik dengan model ADDIE (analyze kurikulum, kebutuhan guru dan siswa , kemudian karakteristik siswa), tahapan design atau merancang produk berupa storyboard, tahapan development dengan validasi materi, media, dan bahasa, tahapan Implement, uji coba produk pada kelompok kecil 6 siswa dan kelompok besar seluruh siswa 23 orang. Kemudian mengisi angket supaya mengetahui tingkat kepraktisannya, terakhir tahapam evaluate ialahpenilaian bagi media komik yang sudah dikembangkan.Hasil validasi oleh ahli media memperoleh rata-rata 4, ahli materi rata-rata 3,95 dan ahli bahasa 4,9 dengan kategori valid. Hasil Kepraktisan media pembelajaran komik yang telah dikembangkan juga memperhatikan angket respon peserta didik dengan rata-rata 4,6 pada uji coba kelompok kecil dan rata-rata 4,33 pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berbantuan aplikasi canva for education pada materi panca indra kelas IV Sekolah Dasar ini sangat valid dan praktis serta sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RIZKIA |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:40 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |