Muny Putri, Husmayani PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BIOSONG PADA MATERI SISTEM KLASIFIKASI TUMBUHAN SISWA SMA KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BIOSONG PADA MATERI SISTEM KLASIFIKASI TUMBUHAN SISWA SMA KELAS X.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar isi, gambar, tabel, lampiran.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (122kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Husmayani Muny. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Biosong pada Materi Sistem Klasifikasi Tumbuhan Siswa SMA Kelas X: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Upik Yelianti, M.S., (II) Mia Aina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Biosong, Sistem Klasifikasi Tumbuhan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa biosong pada materi sistem klasifikasi tumbuhan untuk siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Xaverius 2 Kota Jambi pada September 2018. Data Penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, siswa kelompok kecil yang terdiri atas 6 orang, siswa kelompok besar yang terdiri atas 20 orang dan 1 orang guru bidang studi biologi. Perkembangan teknologi kini sangat erat dengan dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan sangat membantu proses pembelajaran. Salah satunya adalah mengembangkan media pembelajaran berupa biosong. Berdasarkan hasil penelitian, ahli media pada validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 63,89% dengan kategori “baik” dan validasi tahap II meningkat menjadi 98,61% dengan kategori “sangat baik”. Ahli materi pada validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 72,14% dengan kategori “baik” dan validasi pada tahap II memberikan penilaian sebesar 76,56% dengan kategori “baik”. Hasil penilaian oleh guru bidang studi biologi diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori “sangat baik”. Untuk ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 77,5% dengan kategori “baik” dan untuk ujicoba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 88,25% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media berupa biosong yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HUSMAYANI MUNY PUTRI |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 02:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2019 02:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |