Analisis Penerapan Subject Spesific Pedagogy Pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka di Kelas V SD Negeri 034/1 Teratai

Budiman, Soleh (2024) Analisis Penerapan Subject Spesific Pedagogy Pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka di Kelas V SD Negeri 034/1 Teratai. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK (2).pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (302kB)
[img] Text
cover (2).pdf

Download (342kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (310kB)
[img] Text
Skripsi_Soleh Budiman_A1D120037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan (3).pdf

Download (208kB)
Official URL: https://respository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Penerapan Subject Spesific Pedagogy Pembelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka di kelas V Sekolah Dasar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi untuk mendeskripsikan penerapan Subject Spesific Pedagogy modul ajar pembelajaran IPAS dikelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian ialah guru kelas VA SD Negeri 034/1 Teratai. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan Subject Spesific Pedagogi Pembelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka dikelas VA SD Negeri 034/1 Teratai pada tahap perencanaan modul ajar guru dituntut untuk kreatif dalam memodifikasi modul ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran yang mana modul ajar tersebut didapatkan dari kemendikbud. Guru harus lebih dituntut berfikir kreatif dalam memodifikasi modul ajar agar disenangi dan dapat membuat peserta didik berfikir kritis di era sekarang ini dan bisa dimanfaatkannya di kehidupan sehari-hari, para siswa diharapkan bisa lebih fokus dalam pembelajaran dan bekerjasama dengan guru dalam membangun suasana pembelajaran yang nyaman, efektif dan efisien. Dari hasil penelitian ini guru ialah sebagai pemegang peran penting dalam kegiatan pembelajaran harus meningkatkan kemampuan mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat dalam. Siswa juga perlu dilatih agar dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Subject Spesific Pedagogy, Kurikulum Merdeka, IPAS,Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Budiman
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:43
Last Modified: 03 Jul 2024 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66211

Actions (login required)

View Item View Item