Padilla, Arrahman (2024) Implementasi pengelolaan layanan peserta didik tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Prof Dr Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER .pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (565kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf - Published Version Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf - Published Version Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (291kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (387kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI - ARRAHMAN PADILA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan layanan peserta didik berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Prof. Dr. Sri Seodewi Masjchun Sofwan, SH Jambi, mengetahui kendala yang dihadapi dan mengetahui solusi untuk meningkatkan pengelolaan layanan peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi karena pengelolaan layanan perserta didik menjadi subjek utama yang perlu diperhatikan dalam manajemen kesiswaan dengan tujuan mengakomodasi kebutuhan unik setiap individu. SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi memiliki jumlah murid terbanyak di kota yakni sebanyak 316 orang dan memberikan layanan peserta didik yang masih belum optimal. Oleh karena itu, perlunya perhatian dalam meningkatkan pelayanan yang tepat dan komprehensif bagi peserta didik berkebutuhan khusus Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari 10 informan diantaranya Kepala Sekolah, 6 orang Guru Wali Kelas, dan 3 Orang Tua Siswa. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara mendalam dan observasi yang menjadi penguat dari hasil wawancara di Sekolah Luar Biasa Negeri Prof. Dr. Sri Seodewi Masjchun Sofwan, SH Jambi pada bulan April-Juni 2024 dengan analisis kualitatif software NVivo. Hasil penelitian ini dalam aspek perencanaan (1) sudah melakukan perencanaan bimbingan akademis dan administratif, layanan konseling, pelayanan kesehatan, fasilitas perpustakaan, usaha koperasi, fasilitas perpustakaan, asrama dan transportasi. (2) aspek pelaksanaan pembinaan kesiswaan secara keseluruhan sudah cukup baik. Sedangkan dana yang diberikan cukup bersumber dari Dana BOS dan dana yang dikeluarkan orang tua beragam per hari ada yang 20.000 – 50.000 dan (3) aspek evaluasi pembinaan kesiswaan telah membuktikan keberhasilannya dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi siswa. Kendala yang dihadapi yaitu ketidakcukupan SDM, sarana dan prasana, dan peserta didik yang beragam seperti suka ngambek, terlalu aktif, tantrum. Solusi untuk mengatasi kendala yang ditemukan yaitu penambahan SDM, sarana dan prasana, dan bekerja sama dengan orang tua dengan cara melakukan pertemuan berkala dengan orang tua.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pelayanan Peserta Didik, Tunagrahita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | PADILLA |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:16 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |