Meiranti, Ruth (2024) Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa Pada Siswa Kelas VIII C SMP N 1 Tungkal UluTahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan ruth.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RUTH FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ruth Meiranti. 2024. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa pada Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Tungkal Ulu Tahun Ajaran 2023/2024: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd.(II) Dr. Priyanto, S.Pd., M.Pd.,C.Ed Kata kunci: Menulis, Teks Eksplanasi, Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar siswa kelas VIII C SMPN 1 Tungkal Ulu. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Tungkal Ulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tungkal Ulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C SMP Negeri 1 Tungkal Ulu. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa tugas menulis teks eksplanasi berdasarkan strukturnya. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini dengan menilai satu persatu tulisan siswa oleh penilai 1 yaitu Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan penilai 2 (peneliti). Hasil penelitian dapat diketahui kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar Siswa Kelas VIII CSMP Negeri 1 Tungkal Ulu berpredikat sangat mampu. Hal ini terbukti dengan diperolehnya rata-rata nilai dari penilai 1 dan penilai 2 sebesar 89,92 menulis teks eksplanasi dari struktur identifikasi umum, urutan sebab akibat, interpretasi. Nilai tersebut sudah dikategorikan sangat mampu yang bisa dilihat dari tabel interval nilai yang berada pada interval 85-100. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar lebih memperbanyak penggunaan media pembelajaran yang variatif sehingga dapat meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa. Kepada para siswa hendaknya dapat memanfaatkan media gambar sebagai media untuk belajar dan mencari informasi tentang kegiatan pelajaran yang sedang dilaksanakan. Penggunaan media gambar ini dapat memberikan pengalaman belajar baru kepada siswa agar dapat lebih termotivasi dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Teks Eksplanasi, Media Gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | MEIRANTI |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 06:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |