Rajasha Herlambang, Arta (2024) PROFIL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN KECENDERUNGAN DISKALKULIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (825kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (788kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kesulitan belajar matematika dan kecendrungan diskalkulia yang dialami siswa kelas III dan IV SD N 216/IV Kota Jambi, serta faktor faktor yang menyebabkan kesuliatan belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SD N 216/IV Kota Jambi pada Maret 2024. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes kesulitan belajar dan kecendrungan diskalkulia dan wawancara kepada siswa (sebagai data utama) dan wawancara kepada guru wali kelas(sebagai data pendukung). Setelah dilakukan tes dan wawancara tersebut, data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III dan IV SD N 216/IV Kota Jambi masih mengalami kesulitan belajar dan mengalami kecenderungan diskalkulia. Dari 6 orang siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian diketahui, 5 siswa diantaranya memenuhi indikator diskalkulia. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan belajar adalah faktor internal yang terdiri dari rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran dan faktor eksternal yang terdiri dari penggunaan metode pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dan penggunaan media pembelajaran yang hanya menggunakan buku pedoman pembelajaran dan papan tulis sebagai alat dan media pembelajaran. This study aims to describe the profile of mathematics learning difficulties and the tendency of dyscalculia experienced by third and fourth grade students of SD N 216/IV Jambi City, as well as the factors that cause learning difficulties in students. This research was conducted at SD N 216/IV Jambi City in March 2024. The data in this study were obtained from the results of tests of learning difficulties and the tendency of dyscalculia and interviews with students (as the main data) and interviews with homeroom teachers (as supporting data). After the tests and interviews were conducted, the data were analyzed using descriptive qualitative methods. The results of this study indicate that students in grades III and IV of SD N 216/IV Jambi City still have learning difficulties and experience a tendency to dyscalculia. Of the 6 students who were sampled in the study, it was found that 5 of them met the indicators of dyscalculia. The factors that cause learning difficulties are internal factors consisting of low student interest and motivation in learning and external factors consisting of the use of learning methods that still use lecture and demonstration methods and the use of learning media that only use learning manuals and blackboards as learning tools and media.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HERLAMBANG |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:34 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |