PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

RIFQI PUSPITA AMALIA, DINDA PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (324kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK Amalia Puspita Rifqi, Dinda.2018. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Profesionalisme Guru terhadap Motivasi Belajar Sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Drs. H. Suratno, M.Pd (2) Reka Seprina, S.Pd,M.Pd Kata Kunci : Lingkungan Teman Sebaya , Profesionalisme Guru, Motivasi belajar Sejarah Rendahnya motivasi belajar sejarah merupakan faktor yang mempengaruhi semangat belajar siswa dalam proses belajar di sekolah, yang merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan, faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar seperti lingkungan teman sebaya, hal ini seperti ditemukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi motivasi siswa dalam belajar belum memiliki motivasi yang tinggi, peran lingkungan teman sebaya masih rendah dimana siswa masih banyak yang tidak serius dalam mengiku ti pelajaran sejarah, jika lingkungan teman sebaya berada pada lingkungan yang baik maka motivasi belajar juga akan meningkat, serta peran profesionalisme guru kurang memberikan dukungan terhadap motivasi belajar, hal ini disebabkan guru belum profesional dibidang mata pelajaran sejarah, jika guru mampu memberikan pengajaran yang menarik akan membuat siswa semangat dalam belajar. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar sejarah. 2) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar sejarah. 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya dan profesionalisme guru terhadap motivasi belajar sejarah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Dengan melakukan penyebaran angket di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan populasi siswa kelas yaitu XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3, berjumlah 60 orang. Data analisis dengan menggunakan SPSS 23. Hasil Penelitiaan menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikasi lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan nilai signifikasi 5% diketahui T hitung sebesar 2,295 dengan nilai signifikasi 0,025, ada pengarih sig profesionalisme guru terhadap motivasi belajar sejarah SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan nilai T hitung 4,084 dengan nilai signifikasi 0,000. Ada pengaruh signifikasi lingkungan teman sebaya dan profesionalisme guru terhadap motivasi belajar sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan nilai F hitung 19,321 > 3,159 pada signifikasi 0.000 serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,404. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan teman sebaya dan profesionalisme guru terhadap motivasi belajar sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DINDA RIFQI P.A
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:57
Last Modified: 16 Jan 2019 01:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item