Maharani, Putri (2024) Pengaruh Kegiatan Cooking Class Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Melati 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak .pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
Coverr .pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka (1).pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI PUTRI MAHARANI FINAL 03-07-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan putri maharani .pdf Download (193kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan bahwa masalah utama yang ditemui pada hasil observasi yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motorik halus anak masih kurang bervariasi ditandai dengan sekolah hanya menggunakan kertas sebagai media, terlihat pada kegiatan menggambar dan mewarnai saja. Masalah lainnya juga terlihat saat guru menginstruksikan anak untuk menulisakan namanya, terlihat anak masih kesulitan dalam menggenggam alat tulis seperti pensil dengan benar. Pada saat pebelajaran berlangsung seperti kegiatan menggunting terlihat beberapa anak masih belum mampu mengkoordinasikan gerakan mata, tangan, dan keseluruhantubuh secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan cooking class terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-4 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah pre�eksperimental design dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini di PAUD Melati 2 Kota Jambi 9 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai t hitung, yaitu sebesar 22,3 t hitung > t tabel 2,306 maka Ho ditolak dan Hɪ diterima. Disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan interpretasi kuat dengan nilai 4,71 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (strong effect). Dengan demikian kegiatan cooking class dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooking Class, Kemampuan Motorik Halus, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | MAHARANI |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 08:05 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |