Pengembangan model edukasi OCHA untuk meningkatkan self-management hipertensi pada lanjut usia

Roza, Elvi (2024) Pengembangan model edukasi OCHA untuk meningkatkan self-management hipertensi pada lanjut usia. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL-TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (696kB)
[img] Text
COVER DISERTASI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan Lansia hipertensi merupakan salah satu faktor penyebab tingginya angka kejadian hipertensi dan komplikasinya pada Lansia. Perilaku self-management hipertensi merupakan hal yang penting dalam mengendalikan hipertensi pada Lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model edukasi OCHA untuk meningkatkan self-management hipertensi pada Lansia. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mixed Methode dengan desain research and development (R&D) mengadopsi kerangka ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Dilakukan uji validasi oleh 3 orang ahli (ahli bidang kesehatan masyarakat, ahli bidang Penyakit Dalam Konsultan Geriatri, ahli media pembelajaran) dan 4 orang praktisi kesehatan Lansia. Selanjutnya dilakukan uji coba satu-satu pada 3 orang Lansia, uji coba kelompok kecil pada 13 orang Lansia, uji coba lapangan pada 30 orang Lansia. Evaluasi dilakukan untuk melihat dampak potensial intervensi edukasi dengan menggunakan instrumen kuesioner dan dilakukan analisis univariat terhadap hasil yang didapatkan. Hasil: Pada tahap analisis didapatkan konten materi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan Lansia hipertensi dan media yang sesuai untuk Lansia hipertensi. Tahap rancang bangun menghasilkan model edukasi OCHA untuk meningkatkan self-management hipertensi pada Lansia. Selanjutnya pada tahap pengembangan hasil validasi ahli dan praktisi menyatakan bahwa model edukasi OCHA untuk meningkatkan self-management hipertensi pada Lansia layak untuk di uji cobakan. Hasil uji coba satu satu dan uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa model edukasi ini sangat menarik dan mudah untuk dipahami. Pada uji lapangan terdapat peningkatan pengetahuan dan self-management hipertensi yang lebih baik pada Lansia setelah intervensi model edukasi OCHA. Kesimpulan: Model edukasi OCHA untuk meningkatkan self-management hipertensi pada Lansia layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan Lansia hipertensi dan self-management hipertensi yang lebih baik pada Lansia Kata kunci: Self-management hipertensi, Lansia, model edukasi

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ELVI ROZA
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:29
Last Modified: 08 Jul 2024 08:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66651

Actions (login required)

View Item View Item