Chairunnisa, Sherly (2024) Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Collaboration Skills Siswa Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (753kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan kolaborasi siswa dapat menyebabkan tujuan pembelajaran menjadi kurang optimal. Permasalahan tersebut dapat disebabkan antara lain penerapan model pembelajaran yang digunakan belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan alternatif penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa salah satunya model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dan perbedaan kemampuan kolaborasi terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) atau Problem Based Learning (PBL) dengan mengontrol kemampuan kolaborasi awal siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Muaro Jambi menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pre-test Post-test Non-Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, tes, dan observasi keterlaksanaan sintaks. Instrumen yang digunakan dalam penelitian divalidasi oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan quade’s rank ancova dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada setiap indikator kemampuan kolaborasi yaitu contribution 86%, team support 84%, team dynamics 65%, interaction with others 59%, role flexibility 62%, motivation/participation 83%, quality of work 65%, team management 58%, preparedness 72%, reflection 49%, dan team learning 58%. Hasil uji hipotesis menggunakan quade’s rank ancova, menunjukkan effect size sebesar 0,090 (medium effect). Selain itu, terdapat perbedaan signifikan pada penerapan model PjBL dan PBL yang dapat dilihat dari nilai signifikansi < 0.05. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan kolaborasi siswa terintegrasi HOTS serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan menggunakan model PjBL dan PBL. Saran dalam penelitian ini, bagi guru yang menghadapi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dapat menerapkkan model PjBL sebegai salah satu alternatif model pembelajaran. Kata kunci: Project Based Learning, Kemampuan Kolaborasi, HOTS
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Kemampuan Kolaborasi, HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Chairunnisa |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |