Safira, Shintana (2024) Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Melalui Finger Painting di TK Muthmainah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak kak sinta.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
bab 1 kak sinta.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
bab 5 kak sinta.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
cover 1-2.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
dapus kak sinta.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
skripsi full kak sinta.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengamatan anak kelompok B di TK Muthmainnah Kota Jambi beberapa anak masih belum berkembang. Hal ini terlihat pada saat anak sedang mengerjakan kegiatan mewarnai ada anak yang masih belum mahir dalam pengerjaanya,sebagian anak pada saat menggunting belum sepenuhnya bisa menggunting sesuai pola yang telah disediakan, kemudian pada kegiatan bermain puzzle anak masih kesulitan dalam menyusun puzzle hingga selesai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak sebelum pra-tindakan finger painting pada anak usia 5-6 Tahun kelompok B di TK Muthmainnah Kota Jambi dan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak setelah tindakan pada anak usia 5-6 Tahun kelompok B di TK Muthmainnah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dua (2) kali pertemuan. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Muthmainnah Kota Jambi. Data diperoleh menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan Kelas bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan pada aspek penilaian yang tertera pada instrument penelitian. Pada tahap pratindakan, rata-rata kemampuan motorik halus anak-anak usia 5-6 tahun di Kelompok B1 pada TK Muthmainnah Kota Jambi sebesar 27,50% dengan katgori mulai berkembang (MB). Pada siklus I rata-rata kemampuan motorik halus anak sebesar 30,12% berkategori Mulai Berkembang dan pada siklus I pertemuan 2 sebesar 48,24% dengan kategori Mulai Bekembang. Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata perkembangan motorik halus anak sebesar 64% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II pertemuan 2, yakni sebesar 81,25% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian dapat dikatan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Muthmainnah Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik halus, finger painting, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SAFIRA |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 06:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |