Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Pebrianti, Annisa (2024) Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
18. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI LENGKAP FIXS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
halaman pengesahan, persetujuan.pdf

Download (81kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kecerdasan interpersonal siswa dan faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa pada kelas V Sekolah Dasar di SDN 168/1 Tidar Kuranji. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kedua siswa kelas V memiliki kecerdasan interpersonal yang kurang. Hal ini ditunjukkan dengan karakteristik yang dimiliki siswa masih belum sesuai dengan aspek karakteristik kecerdasan interpersonal yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa yang kurang berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya, nutrisi, dan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa belum memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan karakteristik kecerdasan interpersonal yang baik belum dimiliki oleh siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa yang kurang berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya,nutrisi, dan sekolah. The type of research used in this research is qualitative research. This research aims to describe the characteristics of students' interpersonal intelligence and the factors that influence students' interpersonal intelligence in class V of Elementary School at SDN 168/1 Tidar Kuranji. Based on the results of research that has been carried out, the results show that the two class V students have poor interpersonal intelligence. This is shown by the characteristics of students who are still not in accordance with the characteristic aspects of good interpersonal intelligence. Factors that influence students' lack of interpersonal intelligence come from the family environment, peers, nutrition, and school. Based on the results of this research, it can be concluded that students do not have good interpersonal intelligence. This is proven by the characteristics of good interpersonal intelligence that students do not yet have, and the factors that influence students' lack of interpersonal intelligence come from the family environment, peers, nutrition, and school.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersoal, faktor-faktor pengaruh, siswa kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Pebrianti
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:51
Last Modified: 16 Jul 2024 01:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67103

Actions (login required)

View Item View Item