STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 02 KOTA JAMBI

-, nadia (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 02 KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
TESIS NADIA MENUJU SIDANG 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I tesis nadia.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V tesis nadia.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSRTAKA tesis nadia.pdf

Download (129kB)
[img] Text
IMG20240710095608.pdf

Download (68kB)
[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK tesis nadia.pdf

Download (7kB)

Abstract

Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada SMP negeri 2 kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang partisipan yaitu guru ibu muhayana kedua guru ibu purnama dan terakhir guru ibu Gusti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyucian data dan penarikan kesimpulan: Strategi guru dalam merencanakan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa di SMP 2 Kota Jambi rencana pembelajaran yang jelas guru membuat rencana pembelajaran yang detail mencakup tujuan yang ingin dicapai, materi yang akan diajarkan, metode pengajaran yang akan digunakan, dan cara mengevaluasi pemahaman siswa. Rencana ini membantu memastikan proses belajar mengajar berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Jadwal dan aturan yang jelas dengan memberikan jadwal kegiatan dan aturan kelas yang jelas, siswa dapat mengetahui apa yang diharapkan dari mereka, kapan tugas harus diselesaikan, dan bagaimana mereka harus berperilaku selama di sekolah. Ini membantu menciptakan disiplin di kalangan siswa. Strategi guru dalam melaksanakan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa di SMP 2 Kota Jambi guru selalu mengingatkan siswa tersebut akan pentingnya tata tertib yang ada dan guru juga sudah memberikan selebaran yang berisi tata tertib, selain itu guru juga selalu mengingatkan di setiap upacara bendera setap hari senin. Guru melaksanakan rencana pembelajaran yang telah dibuat dengan konsisten, memastikan bahwa setiap kegiatan pembelajaran mengikuti tujuan, metode, dan evaluasi yang telah direncanakan. Guru memastikan bahwa jadwal dan aturan yang telah ditetapkan dilaksanakan dengan konsisten. Ini termasuk pengaturan waktu untuk pelajaran, istirahat, dan tugas, serta penerapan aturan kelas. Strategi guru dalam mengevaluasi kedisiplinan dan prestasi belajar siswa di SMP 2 Kota Jambi Guru melakukan pengamatan harian terhadap perilaku siswa di kelas, mencatat perilaku positif dan negatif. Ini mencakup ketepatan waktu hadir, kepatuhan terhadap aturan kelas, dan partisipasi dalam kegiatan belajar. Guru menyimpan catatan perilaku siswa dalam jurnal atau sistem manajemen perilaku. Dari hasil penelitian dapat disimpilkn bahwa Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Siswa di SMP 2 Kota Jambi sudah cukup baik.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Nadia
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:00
Last Modified: 21 May 2025 05:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67161

Actions (login required)

View Item View Item