ANALISIS DAMPAK PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SDN 132/IV KOTA JAMBI

Nidiah, Tiara Putri (2024) ANALISIS DAMPAK PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SDN 132/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
COVER 1,2.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (352kB)
Official URL: https://repostory.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak program kampus mengajar terhadap pengelolaan administrasi sekolah di SDN 132/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Adapun subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga belas informan yaitu kepala sekolah, staf tata usaha, dosen pembimbing lapangan, enam guru, dan empat mahasiswa program Kampus Mengajar angkatan 3 yang pernah mengikuti program Kampus Mengajar di SDN 132/IV Kota Jambi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar secara signifikan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengelolaan administrasi sekolah di SDN 132/IV Kota Jambi. Melalui kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah, program Kampus Mengajar mampu menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas dan terlatih untuk memperbaiki sistem administrasi sekolah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program Kampus Mengajar merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan pengelolaan administrasi sekolah di SDN 132/IV Kota Jambi dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan secara holistik. Kemudian dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar di SDN 132/IV Kota Jambi terdapat faktor pendukung seperti sekolah yang tidak mempersulit mahasiswa melaksanakan kegiatan dan faktor penghambat seperti fasilitas sekolah, sarana dan prasarana yang masih kurang memadai.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Kampus Mengajar, Pengelolaan Administrasi Sekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: NIDIAH
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:23
Last Modified: 10 Jul 2024 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67193

Actions (login required)

View Item View Item