RAHMAT EH.S, AULIA KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 24 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/1018. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 24 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/1018.
![]() |
Text
COVER 1.docx Download (52kB) |
|
![]()
|
Image
pengesahan.jpg Download (162kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK EH.S Rahmat, Aulia. 2018. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 24 Kabupaten Tebo Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M. Pd. (II) Drs. Aripudin, M. Hum. Kata Kunci: Kemampuan.Menulis.Teks.Deskripsi.Siswa.Aspek Ciri Teks, Aspek Tujuan Teks, Aspek Struktur Teks. Tujuan penelitian ini mendeskrepsikan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Selain itu karena belum pernah diadakan penelitian mengenai kemampuan menulis teks deskripsi di SMP Negeri 24 Kabupaten Tebo. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Deskriptif kuantitatif adalah jenis penelitian yang berusaha untuk menuturkan permecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data serta mendeskripsikan data yang dilakukan melalui proses perhitungan, penjumlahan, dan pemerolehan hasil berupa presentase dengan kriteria yang ditentukan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 24 Kabupaten Tebo yang berjumlah 27 siswa. 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 24 Kabupaten Tebo yakni berkualitas mampu, dengan rincian (1) menulis teks deskripsi a) aspek ciri teks deskripsi 77,1 (mampu), dan b) aspek tujuan teks deskripsi 72,9 (mampu), c) struktur teks deskripsi 76,2 (mampu). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bahasa Indonesia SMP Negeri 24 Kabupaten Tebo agar perlu meningkatkan kualitas pengajaran menulis teks deskripsi, terutama pada aspek ciri teks deskripsi, aspek tujuan teks deskripsi dan aspek struktur teks deskripsi. Hal ini agar kedepannya kemampuan siswa dalam menulis ketiga unsur itu dapat lebih baik lagi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AULIA RAHMAT EH S |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 03:46 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |