DWIANTY, DINDA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (227kB) |
![]() |
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT)
JUDUL COVER.pdf - Published Version Download (249kB) |
![]() |
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (783kB) |
![]() |
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT)
BAB 1.pdf - Published Version Download (378kB) |
![]() |
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT)
BAB V.pdf - Published Version Download (232kB) |
![]() |
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (453kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwianty, Dinda. 2024. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan dengan adanya Program Gerobak Singgah di SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., (II) Feri Tiona Pasaribu, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi dan Numerasi, Perpustakaan Keliling, Gerobak Singgah. Observasi di SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat mengungkapkan bahwa rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kurangnya fasilitas dan sumber daya pendukung, pembelajaran yang tidak efektif, serta keterbatasan buku dan ruang kelas. Untuk mengatasi permasalahan ini, diusulkan Program Gerobak Singgah untuk meningkatkan akses terhadap buku dan pendampingan pengajaran. Penelitian dilakukan di Kelas V SD N 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa pada masalah pecahan di kelas v terhadap keberadaan gerobak singgah. Penelitian menggunakan tes kemampuan literasi numerasi berupa soal essay dan wawancara dengan siswa sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua dari tiga subjek memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal pecahan, yaitu menggunakan simbol atau angka matematika dasar, menganalisis informasi dengan tepat, dan mengambil keputusan dengan hasil yang benar. Penelitian ini menunjukkan bahwa program Program Gerobak Singgah, dapat efektif dalam membantu siswa memahami dan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan literasi dan numerasi. ABSTRACT Dwianty, Dinda. 2024. Analysis of Students' Numeracy Literacy Ability in Solving Fraction Problems with the Drop-Off Cart Program at SD Negeri 232/IX Sei Jerat Distance Class: Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., (II) Feri Tiona Pasaribu, M.Pd. Keywords: Literacy and Numeracy Skills, Mobile Library, Stopover Cart. Observations at SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat revealed that students' low literacy and numeracy skills were influenced by factors such as lack of supporting facilities and resources, ineffective learning, and limited books and classrooms. To overcome this problem, the Drop-Off Cart Program is proposed to increase access to books and teaching assistance. The research was conducted in Class V of SD N 232/IX, Kelas Jauh Sei Jerat, using qualitative and analytical methods to analyze students' numeracy literacy skills on fraction problems in class V regarding the presence of stopover carts. The research used a numeracy literacy test in the form of essay questions and interviews with students as data collection instruments. The research results showed that two out of three subjects met all indicators of numeracy literacy ability in solving fraction problems, namely using basic mathematical symbols or numbers, analyzing information correctly, and making decisions with correct results. This research shows that the Cart Stop Program can be effective in helping students understand and solve questions related to literacy and numeracy.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi dan Numerasi, Perpustakaan Keliling, Gerobak Singgah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dwianty |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 04:13 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |