Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL)pada Submateri Daur Biogeokimia Kelas X SMA

Anggita, Lara (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL)pada Submateri Daur Biogeokimia Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Skripsi_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pembelajaran dalam pendidikan merupakan segala sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan berupa interaksi antara pendidik dan peserta didik. Agar aktivitas pembelajaran bermakna bagi peserta didik, perlu dikembangkan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Mata pelajaran biologi di SMA khususnya pada submateri daur biogeokimia telah menggunakan media pembelajaran sebelumnya seperti PPT, gambar, video, modul cetak dan lingkungan. Adanya inovasi dengan menerapkan media pembelajaran e-modul berbasis problem based learning (PBL) ini dapat membantu peserta didik dalam memahami submateri daur biogeokimia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil pengembangan produk, untuk mengetahui kelayakan secara konseptual produk, untuk mengetahui persepsi guru dan peserta didik terhadap pengembangan produk serta efektivitas dari produk. Model pengembangan ini yaitu R&D dengan model pengembangan ADDIE. Objek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 12 Kota Jambi terbagi menjadi dua kelompok yaitu ujicoba kelompok kecil yang berjumlah 6 orang dan kelompok besar yang berjumlah 27 orang. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil akhir dari validator materi dan media diperoleh sebesar 91,7% dan 87% dengan kategori sangat layak. Hasil persepsi guru diperoleh sebesar 96,66% (sangat baik). Hasil persepsi peserta didik kelompok kecil dan besar masing-masing diperoleh sebesar 88,435% dan 87,33%. Hasil uji efektivitas dengan paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 (< 0,05) yang menunjukkan pengggunan e-modul pembelajaran biologi berbasis PBL berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-modul, PBL, Daur Biogeokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ANGGITA
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:10
Last Modified: 16 Jul 2024 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67848

Actions (login required)

View Item View Item