Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair And Share terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMPN 17 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018

AMIN, IBNU AL (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair And Share terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMPN 17 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Jambi. (Submitted)

[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
daftar isi .pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I repositori.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB V repositori-converted.pdf

Download (49kB)

Abstract

ABSTRAK Al Amin, Ibnu. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair And ShareTerhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMPN 17 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Hj. Nazurty, M.Pd., (II) Dr. Warni, M.Hum. Kata Kunci: model pembelajaran, menulis, pantun. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengarush dari penggunaan model pembelajaran pada kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMPN 17 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Anlisis data dilakuakn dengan mengunakan desriptif kuantitatif dari hasil pengolahan data statistik. Data dalam penelitian ini berupa : (1) data perencanaan pembelajaran meliputi : pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penentuan sumber belajar,/media, dan penetuan teknik penilaian, (2) data hasil pemebelajaran menulis teks pantun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran think pair and share kelas VII SMPN 17 Kota Jambi Rata-rata hasil nilai pretest siswa pada kelas eksperimen sebesar 66,20, sedangkan rata-rata nilai pretest pada kelas kontrol sebesar 62,50. Rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 84,30, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 75,20. Hasil uji statistik one sample t test (uji pretest dan posttest kelas eksperimen) diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05, yakni P-value/Sig. = 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan skor yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen. Hasil uji statistik one sample t test (uji pretest dan posttest kelas kontrol) diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05, yakni P-value/Sig. = 0,002 < 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat peningkatan skor yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas kontrol. Hasil uji statistik independent sample t test (uji posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol) diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05, yakni Sig. = 0,01 < 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan skor hasil belajar siswa secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan dari penggunaan model pembelajaran think, pair dan share terhadap kemampuan siswa menulis pantun kelas VII SMPN 17 Kota Jamb

Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IBNU AL AMIN
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:10
Last Modified: 22 Jan 2019 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6798

Actions (login required)

View Item View Item